Wireless Networking

Wireless Networking

Wireless Networking

 

Wireless Networking
Wireless Networking

Definisi Wireless

Jika ditanya apa itu wireless pasti kebanyakan dari kita menyebut kabel atu sejenisnya. Sebenarnya secara istilah memang benar, namun lebih tepatnya merupakan alat yang berfungsi untuk menggabungkan satu jaringan ke jaringan lain atau lebih tepatnya saling berhubungan dengan menggunakan internet.

 

Dalam perkembangannya saat ini

wireless sangat erat kaitannya dengan perkembangan teknologi. Di zaman era globalisasi dewasa ini, sangatlah dibutuhkan teknologi yang dapat mempercepat dan mempermudah manusia dalam hal bekerja. Ada beberapa metode dasar dari wireless, yaitu cahaya infra merah dan radio. Keduanya mempunyai kegunaan masing-masing dalam fungsinya. Mengapa Wireless sangat penting pada zaman ini? Ini dikarenakan banyaknya manfaat dari itu semua. Berikut macam manfaat dari wireless networking.

Manfaat dari Wireless Networking :

Lebih cepat daripada memakai kabel Bayangkan saja apabila kita ingin mendapat informasi dari belahan dunia misalnya kita ingin mencari berita tentang negara inggris, namun harus membutuhkan line atau kabel sepanjang jarak tersebut. Jadi jelas apabila memakai wireless networking akan mempercepat proses pencarian berita itu.

  • Membutuhkan biaya yang cukup lebih terjangkau, karena semakin canggih teknologi, biasanya semakin mudah didapat.
  • Dapat beroperasi tanpa hardware tambahan, seperti router, MUX, dll.
  • Konfigurasi nya sangat fleksibel dan terbilang mudah pada pemasangan dan disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi.

Saat ini teknologi wireless berkembang dengan pesat, secara kasat mata dapat dilihat dengan semakin banyaknya pemakaian telepon sellular, selain itu berkembang pula teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet

Contohnya :

A. Infrared(IR)
B. Wireless wide area network (bluetooth)
C. Radio Frequency (RF)
D. Wireless personal area network /telepon seluler(GSM/CDMA)
E. Wireless lan (802.11)

 

Cara Kerja Wireless

Wireless LAN menggunakan electromagnetic airwaves(radio atau infrared) untuk mengkomunikasikan informasi dari satu point ke point yang lain tanpa menggunakan physical connection.Datayangditransmisikandi tempatkan pada radio carrier sehingga dapat di extrac secara akurat di penerimaan. Ini pada umumnya menunjuk pada modulasi carrier oleh informasi yang ditransmisikan.

Didalam Konfigurasi wireless LAN pada umumnya, alat transmitter / receiver(transceiver) disebut access point, terhubung pada wired network dari lokasi yang tetap menggunakan pengkabelan yang standar. Minimum,Access point menerima buffer, dan mentransmisikan data antara wireless LAN dan wired network. Single acces point dapat mensupport group pemakai yang kecil dan dapat berfungsi dalam radius lebih kecil seratus atau beberapa ratus feet. Antena acces point biasanya ditempatkan pada tempat yang tinggi atau dimana saja selama dapat mengcover sinyal radio. Pemakai mengakses wireless LAN melalui wireless LAN adapters, seperti PC Card didalam notebook atau palmtop, atau card di komputer desktop atau integrated didalam hand-held computer.Wireless LAN adapter menyediakan interface antara Client Network Operating System(NOS) dan aiiwave melalui antena.

Lebih jelasnya, cara kerja wireless LAN dapat di umpamakan seperti kerja modem dalam mengirim dan menerima data, ke dan dari internet. saat akan mengirim data, perlatan – peralatan wireless tadi akan berfungsi sebgai alat yang mengubah data digital menjadi sinyal radio. lalu saat menerima, peralatan tadi berfungsi sebgai alat yang mengubah sinyal radio menjadi data digital yang bisa di mengerti dan diproses oleh komputer.

Sumber : https://codetorank.com/indonesia-education-system/