Tips Agar Powerbank Bisa Lebih Awet

Tips Agar Powerbank Bisa Lebih Awet

Tips Agar Powerbank Bisa Lebih Awet

Tips Agar Powerbank Bisa Lebih Awet
Tips Agar Powerbank Bisa Lebih Awet

 

Smartphone saat ini telah menjadi barang wajib yang digunakan untuk barbagai kalangan dan tak hanya sebagai alat komunikasi jarak jauh, tapi untuk mendukung kinerja, dengarkan musik bahkan memainkan game. Walau perangkat semakin pintar, tak bisa dipungkiri bahwa keterbatasan dari gadget kita adalah dayanya yang tidak tahan lama.

Dulu solusi jika gadget sedang lowbat hanyalah mencoloknya charger ke stop kontak dan tunggu sampai dayanya terisi kembali. Untuk meningkatkan kinerja Sobat Shopee yang sangat mobile, kini tersedia powerbank yang menjadi baterai cadangan sehingga tak perlu susah-susah mencari stop kontak saat dalam perjalanan.

Meskipun powerbank sangat berguna, tak banyak orang paham cara menggunakannya dengan baik, sehinggga daya tampungnya cepat berkurang atau cepat rusak. Sama seperti semua barang elektronik, powerbank juga perlu perawatan serta pemakaian yang benar agar keawetannya bertahan lebih lama dari hanya beberapa bulan.

Kali ini akan dibahas 5 tips dalam pemakaian powerbank agar tidak cepat rusak.

 

JANGAN JADIKAN POWERBANK SUMBER PENGISIAN UTAMA

Pada dasarnya, powerbank disarankan untuk digunakan sebagai solusi cadangan apabila Sobat Shopee tidak dapat menemukan stop kontak untuk mencolok charger. Bagaimanapun, jangan pernah gunakan powerbank sebagai pengganti cara pengisian daya gadgetmu. Terlalu sering mengandalkan powerbank untuk mengisi daya smartphone dapat mengurangi kinerjanya karena keseringan dipakai.

 

HINDARI MENGGUNAKAN PONSEL SAAT MENGISI DAYA

Menggunakan ponsel saat sedang mengisi daya merupakan hal yang sebaiknya Sobat Shopee hindari. Kalau kamu memainkan ponsel saat mengisi daya dengan power bank, dapat dianggap sebagai usaha yang sia-sia karena daya powerbank akan tersedot tanpa mengisi baterai. Yang ada powerbank terkuras habis tanpa mengisi baterai dan Sobat Shopee tak bisa gunakan smartphonenya juga.

 

HINDARI PANAS BERLEBIH

Saat sobat shopee menggunakan powerbank dan merasa suhu powerbank terlalu panas, sebaiknya hentikan sementara penggunaan powerbank hingga suhu kembali normal. Suhu panas berlebih pada power bank dapat merusak komponen di dalamnnya. Hindari juga menyimpan powerbank ditempat yang dapat meningkatkan suhunya dan jauhkan dari sinar matahari yang terik.

 

JANGAN BIARKAN OVER-CHARGING

Jangan terlalu sering mengisi daya powerbank semalaman, karena mengisi daya power bank terlalu lama padahal indikator lampu sudah penuh juga dapat membuat powerbank cepat rusak. Meski power bank kamu sudah dilengkapi fitur over charging protection kamu tetap harus menghindari pengisian daya powerbank secara berlebihan.

 

JANGAN CEROBOH!

Kalau kamu memiliki powerbank, pastikan memperhatikan penggunaan serta perawatannya. Kecerobohan memang bisa saja terjadi, namun dapat mengurangi risiko yang disebabkan kecerobohan tersebut. Hal seperti menyimpan powerbank ditempat yang aman supaya tidak mudah terjatuh, atau menjauhkannya dari air agar powerbank tidak terkena cipratan air yang dapat merusak komponen dalamnya.

 

Memang setiap produk elektronik memiliki jangka waktu pakainya sendiri, namun kita dapat memperlama umur produk tersebut jika kita menggunakan dan merawatnya dengan baik. Semoga tips tersebut bermanfaat untuk para Sobat .

 

Sumber : https://ngelag.com/