Tingkatkan Literasi Siswa Melalui Kartu Perpustakaan Multiguna

Tingkatkan Literasi Siswa Melalui Kartu Perpustakaan Multiguna

Tingkatkan Literasi Siswa Melalui Kartu Perpustakaan Multiguna

 

Tingkatkan Literasi Siswa Melalui Kartu Perpustakaan Multiguna

BANDUNG – Bunda Literasi Jawa Barat

Netty Heryawan meresmikan Kartu Perpustakaan Multiguna Dinas Perpustakaan Kearsipan Daerah (Bapusipda) Provinsi Jawa Barat (Bapusipda), di Hotel Holdisay Inn, Jalan Dr. Djunjunan Nomor 96, Sukabungah, Kota Bandung, Jumat (16/3/2018). Kartu Perpustakaan Multiguna ini bertujuan untuk meningkatkan literasi membaca siswa.

Ini adalah keinginan yang sudah saya sampaikan satu tahun lalu ke kepala dinas perpustakaan sebelumnya

Saat itu saya sampaikan bahwa kartu ini sebagai salah satu bentuk encouraged yang bisa kita lakukan bagi anak-anak untuk bisa meningkatkan minat baca adalah memudahkan aksesibilitas mereka terhadap buku,” ujarnya usai acara.

Netty menuturkan hal yang menjadi faktor minat baca siswa rendah adalah tidak terbangun kebiasaan dan budaya membaca di keluarga, daya beli buku yang rendah, minimnya sarana perpustakaan, koleksi buku, dan pustakawan di sekolah, dan efek globalisasi.

Untuk meningkatkan minat baca siswa

Menurut Netty salah satu caranya adalah dengan memperbaiki pengelolaan perpustakaan di sekolah. Tidak hanya itu, perlu ada peningkatakan kapasitas pengelola perpustakaan dan pustakawan. Dengan demikian siswa akan merasa nyaman dan semangat meminjam buku ke perpustakaan, karena faktor kurangnya minat baca siswa adalah aksesibilitas siswa mendapatkan buku bacaan. Peresmian Kartu Perpustakaan Multiguna ini pun diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa, karena siswa akan lebih mudah mendapatkan akses untuk meminjam dan membeli buku.

“Kami pun berharap, setiap event yang berkaitan dengan aktivitas pelajar di dunia pendidikan, seperti Hari Pendidikan Nasional atau tahun ajaran baru, atau pada saat mereka datang ke toko buku, itu bisa digunakan sebagai kartu yang memberikan diskon atau potongan harga. Dengan demikian ini bisa mendorong anak-anak kita lebih gemar membaca, karena hari ini buku bukan menjadi barang mewah dan bisa dijangkau,” jelas Netty.

Sementara itu Sekertaris Dipusipda Jabar

Dinny Resmiati menjelaskan peluncuran kartu tersebut adalah hasil kerjasama Bapusipda Jawa Barat dengan Blank Jabar Banten (BJB), serta beberapa penerbit buku seperti Gramedia, Penerbit Airlangga, Mizan dan toko buku lainnya. Kartu Perpustakaan Mutiguna ini dapat digunakan siswa sebagai kartu pelajar, kartu perpustakaan, dan kartu anjungan tunai mandiri (ATM). Kartu ini pun dapat digunakan siswa untuk membeli buku di toko buku dan mendapatkan potongan harga.

“Ini akan memberikan kemudahan untuk siswa, khususnya yang ada di Jawa Barat untuk membeli buku dan ke toko buku. Nanti akan mendapatkan diskon khusus,” jelas Dinny.

 

Sumber : https://pendidikan.co.id/