TEORI-TEORI TERKENAL DAN KONTROVERSIAL DI DUNIA

TEORI-TEORI TERKENAL DAN KONTROVERSIAL DI DUNIATEORI-TEORI TERKENAL DAN KONTROVERSIAL DI DUNIA

Di Bumi yang kita singgahi ini banyak sekali peristiwa atau fenomena yang masih misterius. Saking misteriusnya banyak pemikir dan tokoh ilmuwan mencoba untuk mencari tahu apa jawaban dari miteri tersebut.

Dari sekian banyak misteri yang ada di dunia banyak juga teori-teori yang berkembang diantara ilmuwan dan para pemikir. teori-teori apa saja yang menjadi fenomena di dunia dari dulu sampai sekarang? Berikut pembahasannya,

1. Teori Big Bang

 

Teori Big Bang adalah suatu teori yang menceritakan tentang pembentukan alam semesta. Teori Ledakan Dahsyat adalah teori ilmiah, sehingga ia tergantung pada kecocokan teori ini dengan pengamatan yang ada. Namun, sebagai suatu teori, ia mengalamatkan asal usul realitas dan alam semesta, yang pada akhirnya memiliki implikasi teologis dan filosofis akan konsep penciptaan ex nihilo. Pada tahun 1920-an dan 1930-an, hampir semua kosmologis cenderung mendukung model keadaan tetap alam semesta dan beberapa kosmologis mengeluh bahwa adanya permulaan waktu dalam Ledakan Dahsyat memasukkan konsep-konsep keagamaan ke dalam ilmu fisika.

2. Teori Evolusi (Charles Darwin)

Dalam Teori Darwin menyatakan bahwa spesies yang hidup pada masa sekarang berasal dari spesies lain yang hidup di masa lampau dan bila diurut lebih lanjut semua spesies makhluk hidup diturunkan dari nenek moyang umum yang sama. Seperti yang juga diperkirakan oleh Darwin. Teorinya ditentang oleh banyak pihak karena teorinya yang tidak logis dan sulit dibuktikan secara ilmiah.

3. Teori Relativitas (Albert Einstein)
Sejarah mencatat, bahwa kemunculan teori relativitas sangat fenomenal dan kontroversial. Banyak ditentang bahkan dianggap meresahkan oleh para ilmuwan pada saat itu. Maklum, dikarenakan teori ini telah mematahkan teori-teori fisika sebelumnya yang sudah dicetuskan oleh ilmuwan sekaliber Galileo, Newton dll.

Teori ini memang rumit dan sulit dimengerti konsep dasarnya. Kebanyakan pelajar hanya bisa memahami efek teori relativitas, tanpa memahami makna dasarnya. Memang teori relativitas sangat unik dan berbeda dengan teori-teori fisika lainnya.

4. Teori Pertikel Tuhan
Konsep partikel Tuhan pertama muncul ketika fisikawan merampungkan penyusunan teori yang menjelaskan tentang sifat seluruh materi di dunia. Model ini menyebutkan, jika benda dihancurkan hingga ukuran terkecil, akan terdapat 16 partikel elementer. Beberapa partikel mendasar ini misalkan elektron, proton, dan quark sudah cukup populer di telinga. Sedangkan partikel lain, meski kalah populer, tetap menjadi pondasi paling dasar sebagai penyusun seluruh materi. Eksperimen selama empat dekade setelahnya mengkonfirmasi keberadaan 16 partikel ini.

Tapi kenyataan berkata lain. Eksperimen menunjukkan bahwa energi quark masih terlalu kecil sehingga hanya menyumbang 5 persen dari massa atom. Sedangkan 95 persen sisa massa hilang tak tentu rimbanya. Bagaimana mungkin model partikel paling sakti gagal menjelaskan keberadaan massa di inti atom?

5. Teori Mesin Waktu

Sampailah kita pada teori yang paling fenomenal di dunia yakni mesin waktu (Time Machine). Walaupun fenomenal dan terlihat mustahil namun banyak ilmuwan mencoba untuk merealisasikan dan selalu sangat menarik untuk dibahas. Banyak juga peristiwa-peristiwa dimana ada seseorang yang mengaku telah menggunakan mesin waktu, semisal misteri John Titor yang mengaku berasal dari masa depan, ia kembali ke masa lalu (sekarang) lewat mesin waktu. Terlepas dari benar atau tidaknya, mesin waktu memang terus dipelajari dan dicari prototipe alat rancangannnya.

Begitu banyak teori-teori yang fenomenal dan tidak masuk akal di pikiran kita, termasuk teori-teori di atas yang telah saya jelaskan. Mau percaya atau tidak itu terserah teman-teman, terserah individu masing-masing. Yang terpenting kita sebagai manusia yang berakal harus pandai-pandai menggunakan kecerdasan kita untuk menerima sesuatu.

 

Sumber: https://finbarroreilly.com/ini-penyebab-harga-iphone-8-mahal/