Tempat Penyelenggaraan

Tempat Penyelenggaraan

RUPS tersebut tidaklah dapat diselenggarakan disembarang tempat. Menurut pasal 76 UU 2007, RUPS harus diadakan ditempat kedudukan perseroan atau ditempat perseroan melakukan kegiatan usahanya yang utama. Jadi, bukan sekedar ditempat dimana perseroan mempunyai usaha. Untuk perseroan terbuka, RUPS dapat diadakan ditempat kedudukan bursa dimana saham perseroan dicatatkan. Ketentuan ini diatur pula dalam pasal 9 dari anggaran dasar.

Namun jika dalam RUPS hadir dan atau terwakili oleh semua pemegang saham dan semua pemegang saham menyetujuinya, maka RUPS dapat dilaksanakan dimanapun asal dalam wilayah negara Republik Indonesia.

Ø Kuorum dan Voting

Untuk sahnya RUPS haruslah terpenuhi tentang “Kuorum”. Adapun yang dimaksud dengan “Kuorum” adalah suatu prosentase tertentu diantara pemegang saham yang ada dan yang hadir dalam RUPS (pasal 77 UU 2007). Dalam pengertian hadir disini, dapat dihadiri oleh pemegang saham sendiri atau kuasanya. Sedangkan yang dimaksud dalam pemegang saham disini adalah pemegang saham yang mempunyai hak suara untuk hadir dan mempunyai hak memberikan suara dalam RUPS, sebab ada pemegang saham yang tidak mempunyai hak untuk hadir dan atau memberikan suara. Berapa besarnya kuorum tersebut, hal ini tidaklah sama rata, melainkan tergantung rapat acara. Untuk acara-acara yang biasa, kuorumnya lebih dari 50% (lebih dari separoh).

Tetapi jika acaranya mengenai perubahan anggaran dasar, maka kuorumnya diperberat, yaitu sebagaimana pasal 88 UU 2007, kuorumnya menjadi 66,66% (2/3) dari seluruh peemegang saham yang berhak suara, dan putusan RUPS disetujui oleh 66,66% (2/3) dari pemegang saham bersuara yang hadir.

Sedangkan dalam acara rapat menegenai penggabungan, peleburan, pengambil alihan, atau pemisahan (periksa pasal 89 UU 2007) atau pengajuan permohonan agar perseroan dinyatakan pailit , atau perpanjangan waktu pendirian perseroan, atau pembubaran perseroan, maka RUPS semacam ini hanyalah dapat sah diadakan jika dihadiri paling sedikit 75% (3/4) dari seluruh pemegang saham yang berhak suara, dan putusan tersebut disetujui oleh 75% (3/4) dari pemegang saham yang hadir.

sumber :
https://essayagency417.com/2020/06/11/seva-mobil-bekas/