Teknik Pemilihan Metode Mengajar

 Teknik Pemilihan Metode Mengajar

 Teknik Pemilihan Metode Mengajar

Faktor-faktor yang di uraiakan diatas dapat membantu dalam memilih dan menetapkan metode mengajar yang paling tepat yang akan digunakan, sehingga keberhasilan proses belajar mengajar akan terwujud. Metode-metode yang terdapat dalam kurikulum, bukanlah suatu yang baku yang harus dilaksanakan. Oleh karena itu, disamping melaksanakan metode-metode yang terdapat dalam kurikulum dapat dipergunakan pula metode-metode lain yang mendukung metode-metode tersebut. Guru dituntut untuk memilih dan menggunakan suatu atau beberapa metode yang dipergunakannya dalam menyajikan materi pelajaian.

Adapun alasan penulis memilih metode secara bervariasi antara lain:

  • lihat dan karakteristiknya, bahwa setiap metode itu mempunyai kelebihan dan kelemahannya. Untuk menekan kelemahan-kelemahannya maka sebaiknya metode itu dipadukan.
  • Dilihat dari materi yang akan disajikan, ada yang cocok dengan menggunakan metode ceramah, metode latihan dan lainnya. Atau bisa dipadukan antara satu metode dengan metode lainnya.
  • Untuk menghilangkan kebosanan atau kejenuhan dalam diri siswa.
  • Untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Dalam pelaksanaannya metode-metode tersebut sudah direncanakan dalam satuan pelajanan yang merupakan rencana pengajaran yang akan dilaksanakan.

sumber :
https://belantaraindonesia.org/seva-mobil-bekas/