Syarat- Syarat Kepemimpinan

Syarat- Syarat Kepemimpinan

Syarat- Syarat Kepemimpinan

Pemimpin ideal harus memiliki kelebihan dibandingkan dengan kelompok yang di pimpinnya, sekaligus ada kesadaran di dalam dirinya bahwa dia memiliki kelemahan. Seseorang yang menjalankan fungsi kepemimpinanya setidaknya harus memiliki persyaratan atau sifat- sifat sebagai berikut:

  1. Bertaqwa terhadap tuhan yang maha esa.

Pemimpin menghargai manusia tidak hanya sebagaimana adanya, akan tetapi manusia sebagai makhluk tuhan. Dengan demikian seorang pemimpin tidak melihat manusia dari satu sisi saja, melainkan memandangnya utuh sebagai makhluk tuhan.

  1. Memiliki intelegensi yang tinggi.

Memiliki analisis yang tinggi adalah syarat mutlak bagi kepemimpinan yang efektif. Mengapa demikian? Karena sering kali pemimpin menghadapi kondisi dilematis yang tidak dapat dipecahkan melalui kerangka berfikir simpliks.

  1. Memiliki fisik yang kuat

Tidak jarang seorang pemimpin harus bekerja dalam waktu lama dan sangat melelehkan.

  1. Berpengetahuan luas, baik teoritis maupun praktis.

Kegagalan seorang pemimpin antara lain disebakan oleh karena rendahnya kemampuan teoritis dan ketidak mampuan bertindak secara praktis.

  1. Percaya diri

Sikap seseorang terhadap konsep dan keyakinan dirinya adalah faktor penentu kesuksesan kerja seorang pemimpin.

  1. Dapat menjadi anggota kelompok

Seorang pemimpin selalu bekerjasama dengan dan melalui anggota kelompoknya. Kerjasama itu amat terasa esensinya dan urgensinya karena adanya perpaduan antara pemimpin dengan anggota kelompoklah, tujuan dapat dicapai secara efektif dan efesien.

  1. Adil dan bijaksana

Keadilan mengandung makna kesesuaian antara hak dan kewajiban, posisi dengan tugas. Bijaksana berarti bahwa pemimpin harus menjangkau aspek manusiawi individu yang dipimpin. Derajat pengertian dan perlakuan yang sehat dan tepat mengenai diri seseorang adalah ciri pemimpin yang bijaksana

  1. Tegas dan berinisiatif

Ketegasan adalah kemampuan mengambil keputusan atas dasar kenyakinan tertentu, dengan didukung oleh data yang kuat. berinisiatif bahwa seseorang yang menduduki posisi pemimpin membuat gagasan baru, inovasi baru atau tindakan lain yang memberikan pencerminan bahwa dia mempunyai pemikiran tertentu atas suatu subjek.

  1. Berkapasitas membuat keputusan

Membuat keputusan pada intinya adalah memecahkan persoalan. Pemimpin yang mempunyai kapasitas membuat keputusan akan dapat membawa organisasinya mencapai tujuan tertentu.

  1. Memiliki kestabilan emosi

Ciri manusia beremosi stabil adalah sadar dan tidak mengambil inisiatif dalam situasi emosional, kecuali benar-benar terpaksa.

  1. Sehat jasmani dan rohani

Sehat jasmani dan rohani adalah syarat mutlak menjadi seorang pemimpin.

  1. Bersifat prosfektif

Organisasi beroperasi dengan memanfaatkan tiga kondisi, yaitu pengalaman masa lalu, kearifan masa kini, dan harapan masa depan.


Sumber: https://rajasatour.id/whirlpool-demolition-apk/