Strategi Promosi Kesehatan

Strategi Promosi KesehatanStrategi Promosi Kesehatan

Berdasarkan rumusan WHO (1994), strategi promosi kesehatan secara global ini terdiri dari 3 hal, yaitu:

  • Advokasi (advocacy)

Dalam konteks promosi kesehatan, advokasi adalah pendekatan kepada para pembuat keputusan dan diberbagai tingkat, sehingga para pejabat tersebut mau mendukung program kesehatan yang diinginkan.

  • Dukungan sosial

Strategi dukungan sosial ini adalah suatu kegiatan untuk mencari dukungan sosial melalui tokoh-tokoh masyarakat, baik tokoh masyarakat formal maupun informal.

  • Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan adalah strategi promosi kesehatan yang ditunjukan kepada masyarakat langsung.

  1. Ruang Lingkup promosi kesehatan

Ilmu-ilmu yang dicakup promosi kesehatan dapat dikelompokan menjadi 2 bidang, yaitu:

  • Ilmu perilaku
  • Ilmu-ilmu yang diperlukan untuk intervensi perilaku

Berdasarkan dimensi dan tempat pelatanaksanaannya ruang lingkup promosi kesehatan terbagi atas 2 duamensi, yaitu:

  • Pelayanan preventif dan promotif

Pelayanan bagi kelompok masyarakat yang sehat, agar kelompok ini tetap sehat dan bahkan meningkat status kesehatannya.

  • Pelayanan kuratif dan rehabilitatif

Pelayanan kelompok masyarakat yang sakit, agar kelompok ini sembuh dari sakitnya dan menjadi pulih kesehatannya.

 

Sumber :

https://mitranet.co.id/