Strategi Pemasaran Produk Konsumen dan Produk Industrial

Strategi Pemasaran Produk Konsumen dan Produk Industrial

Strategi Pemasaran Produk Konsumen dan Produk Industrial

Strategi Pemasaran Produk Konsumen dan Produk Industrial

Produk Konsumen

Produk konsumen adalah produk yang dibeli konsumen akhir untuk konsumsi pribadi. Produk konsumen meliputi produk sehari-hari ( convenience products ), produk shopping ( shopping products ), produk spesial ( specialty products ), sera produk yang tidak dicari ( unsought products ). Produk ini berbeda dalam cara pembelian konsumen, dan oleh karena itu rodk ini pun berbeda dalam cara pemasarannya.

– Produk sehari-hari ( convenience products ) ; adalah produk dan jasa konsumen yang biasanya sering dan cepat dibeli oleh pelanggan dan disertai dengan usaha yang sedikit dalam membandingkan dan membeli. Misalnya, sabun, permen, koran, dan fast food.

 

– Produk sopping ( shopping products ) ; 

adalah produk dan jasa konsumen yang jarang dibeli, sehingga pelanggan membandngkan kecocokan, kualitas, harga, dan gayanya dengan cermat. Contohnya mebel, pakaian, mobil bekas, peralatan rumah tangga utama, serta jasa hotel dan motel.

 

– Produk spesial ( specialty products ) ; adalah produk konsumen dengan karateristik unik atau identifkasi merek yang dicari oleh kelompok pembeli tertentu, sehingga mereka mau mengeluarkan usaha khusus untuk memperolehnya. Misalnya, merek serta jenis mobil tertentu, peralatan fotografi yang mahal dan sebagainya.

 

– Produk yang tdak dicari ( unsought products ) ; adalah produk konsumen dimana keberadaannya tidak diketahui, atau jika diketahui oleh konsumen pun, tidak terfikir oleh mereka untuk membelinya. Sebagian besar inovasi baru yang yang penting tidak dicari ( unsought ) sampai konsumen menyadarinya lewat iklan.

 

@ Produk Industri

 

Produk industri ( industrial products ) adalah produk yang dibeli untuk pemrosesan lebih lanjut atau penggunaan yang terkait dengan bisnis. Jadi perbedaan antara produk konsumen dengan produk industri didasarkan pada tujuan dibelinya produk itu. Tiga kelompok produk dan jasa industri meliputi :

 

– Bahan dan suku cadang

 

– Barang modal

 

– Perlengkapan dan jasa.


Pengelolaan Produk melalui Daur Hidup Produk 

  1. Produk Inti

Produk inti adalah tingkatan yang paling dasar dari produk pasar harus menemukan manfaat utama kepada konsumen dari setiap produk dan menjual manffat tersebut dari pada hanya seedar menjual fiturnya.

  1. Produk Fasilitas

Adalah barang atau jasa yang harus ada ketika tamu / konsumen menggunakan produk inti , salah satu aspek yang paling penting adalah dapat di akses oleh pasar . Rancangan produk membutuhkan pengertian dari target pasar dan fasilitas jasa yang mereka butuhkan.

  1. Produk Penunjang

Produk inti membutuhkan produk fasilitas tapi tidak membutuhkan produk penunjang, produk penunjang adalah produk ekstra yang di tawarkan untuk menambah nilai dari produk inti dan membantu membedakannya dari competitor yang lain

Sumber : https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/11145-pengertian-pendidikan-menurut-para-ahli