Sekolah Swasta Ini Sumbang Buku ke Taman Bacaan di Cisarua

Sekolah Swasta Ini Sumbang Buku ke Taman Bacaan di Cisarua

Sekolah Swasta Ini Sumbang Buku ke Taman Bacaan di Cisarua
Sekolah Swasta Ini Sumbang Buku ke Taman Bacaan di Cisarua

SMPK Penabur Jakarta menggelar Jambore Penggalang di Bumi Perkemahan Cibubur

pada 20-21 Juni 2019. Jambore yang bertemakan Kampung Mini Budaya itu diikuti sebanyak 2.372 siswa. Ketua BPK Penabur Jakarta, Antono Yuwono, mengatakan, kegiatan tersebut bisa memupuk dan mengajarkan generasi muda untuk menghargai keberagaman.

”Merangkul keberagaman serta melestarikan kebudayaan Indonesia menjadi tujuan utama diadakannya jambore bagi pelajar SMPK Penabur Jakarta. Anak-anak kita berikan pemahaman dan kecerdasan sosial agar mereka siap terjun di tengah masyarakat,” ujarnya. Selain mempelajari kebudayaan dan berbagai adat istiadat, mulai dari kuliner khas, mereka juga belajar tentang pakaian adat, rumah adat dan lagu adat sesuai kampung mini di mana mereka ditempatkan. Para pelajar juga diajarkan keterampilan sosial dalam pola interaksi dalam berbagai kegiatan kepramukaan.

”Peserta didik juga diajarkan peduli sesama dengan mengumpulkan berbagai macam buku pengetahuan

. Nantinya buku itu disumbangkan ke berbagai taman bacaan, salah satunya di Kampung Cidokom, Desa Kopo Cisarua Bogor,” ungkap Antono. Menurut dia, kegiatan tersebut diikuti 2.372 peserta didik kelas VII dari 17 SMPK Penabur Jakarta. Mereka juga mengikuti berbagai keterampilan kepramukaan, seperti kompas, sandi, tali-temali, panorama, semaphore dan pentas seni.

Ia menekankan, para pelajar mendapatkan empat komponen utama untuk meraih masa depan lebih baik,

yakni kreatif, kritis, kolaborasi dan kompetensi selama proses jambore maupun pendidikan hingga kelulusan. ”Kegiatan kepramukaan yang diajarkan kepada pelajar mengajarkan mereka peka terhadap lingkungan sekitar serta menjalin kerja sama tim dan strategi dalam mencapai tujuan bersama, yakni merangkul keberagaman warisan budaya bangsa,” tandasnya.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/37H92C5