Sejarah Multi Level Marketing (MLM)

Sejarah Multi Level Marketing (MLM)

Sejarah Multi Level Marketing (MLM)

Sejarah Multi Level Marketing (MLM)
Sejarah Multi Level Marketing (MLM)
Sobat, diantara kalian pasti ada yang punya pengalaman diajak bergabung dengan bisnis Multi Level Marekting (MLM)? Dengan berbagai macam cara, biasanya calon downline akan diajak dalam suatu pertemuan, dalam pertemuan tersebut nantinya akan ada presentasi dari para upline yang sudah sukses dengan berbagai macam gaya. Dengan Mobilnya, dengan jasnya yang rapi dan berbagai iming-iming lainnya yang menjanjikan.

Ternyata tidak hanya sekali

Ajakan seperti ini terjadi dengan orang yang berbeda dan produk yang dijual berbeda. Yup…bisnis MLM memang menjamur dan berkembang sangat pesat di Indonesia. Sekitar 5,5 juta penduduk Indonesia kini sedang aktif menjalankan bisnis ini dan sedikitnya 250 produk maupun jasa ikut menggunakan sistem pemasaran jaringan. Sebenarnya bagaimana sejarah MLM ini di dunia. Yuk baca terus Sejarah Multi Level Marketing berikut ini.
Pemasaran dengan menggunakan metode MLM pertama kali ditemukan pada tahun 1940-an oleh oleh dua orang profesor pemasaran dari Universitas Chicago. Perusahaan pertama yang menggunakan sistem ini adalah Nutrilite Products Inc. yang menjual vitamin dan makanan tambahan.

Pada perkembangannya

Muncul lagi perusahaan yang menggunakan konsep yang sama yakni Amway Corporation yang didirikan oleh Rich DeVos dan Jay Van Andel. Mereka memulai usaha yang sederhana dengan menempati sebuah gudang di kota Ada, Michigan, dengan produk awal LOC (Liquid Organic Cleaner), suatu cairan pembersih biodegradable yang aman untuk lingkungan.

Pada pertengahan tahun 1950

organisasi dalam perusahaan Nutrilite mengalami guncangan dari pemerintah Amerika Serikat (AS) dan akhirnya diambil alih oleh Amway. Pada tahun 1953, Pemerintah Amerika melegalkan Amway sebagai Perusahaan Multi Level Marketing. Amway Corporation kini menjadi sebuah perusahaan yang berskala internasional di 80 negara dan teritori.

Setelah pemerintah melegalkan MLM

seorang distributor yang telah cukup berhasil bernama Dr. Forrest Shaklee  mendirikan perusahaan Multi  Level Marketing yang diberi nama Shaklee.  Perusahaan Dr. Forrest Shaklee ini bergerak pada bidang kesehatan.

Pada tahun 1970-an

Perusahaan Amway dan Shaklee melakukan ekspansi ke Negara Ingris. Sejak terjadinya ekspansi perusahaan Amway dan Shaklee ke Negar Ingris. Kemudian ribuan perusahaan Multi Level Marketing bermunculan dan beberapa perusahaan yang terkenal seperti Forever Living, Herbalife, dan Neolife. Masing-masing perusahaan tersebut memiliki  lebih dari 50.000 distributor. Hingga akhirnya bisnis Multi Level Marketing terus mengalami perkembangan yang pesat.
Sementara itu, untuk di Indonesia  perusahaan MLM yang pertama kali berdiri adalah PT. Nusantara Sun Chorella, pada tahun 1986 dan diidirikan di Kota Bandung. Dalam perkembangannya PT. Nusantara Sun Chorella telah berganti nama menjadi PT. Centra Nusa Insan Cemerlang atau lebih dikenal dengan CNI. Kemudian muncullah perusahan MLM lain seperti perusahaan  Capriasi, Sophie Martin, Melia Nature, dan beberapa perusahaan MLM lainnya.
Nah Sobat sudah tahu kan bagaimana Sejarah Multi Level Marketing. Tapi dalam memilih bisnis ini sobat harus extra hati-hati. Pasalnya kini ada perusahaan money game yang berkedok MLM dan memperburuk citra MLM. Perusahaan  money  game ini biasanya menawarkan bisnis Multi Level Marketing kepada masyarakat dengan tawaran iming-iming kemewahan dan bonus yang cukup besar yakni hingga 50 %, sehingga membuat masyarakat tertarik untuk mengikutinya.
Baca juga artikel: