Robot Canggih Bisa Bikin Kopi

Robot Canggih Bisa Bikin Kopi

Robot Canggih Bisa Bikin Kopi

Robot Bikin Kopi – Jika Anda adalah penikmat kopi dan ingin merasakan pengalaman yang berbeda dalam menyeduh kopi, mungkin robot bikin kopi adalah jawabannya. Ya. Robot bikin kopi tengah menjadi pergunjingan dikalangan para barista dan penikmat kopi dunia. Pasalnya, kini terdapat coffe shop yang menggunakan robot untuk membuat kopi. Kehadiran robot kopi ini sudah terjadi sejak 2016 lalu. Baru beberapa bulan saja, robot kopi kini sudah menjadi primadona dikalangan penikmat kopi.

Robot Bikin Kopi

Jika Anda ingin menjajal kopi yang dibuat oleh robot kopi, Anda dapat pergi ke San Fransisco, Amerika Serikat. Disana terdapat kafe bernama Cafe X dengan konsep interior yang futuristis. Tidak hanya desainnya yang modern, kafe ini juga menggunakan robot untuk melayani para pengunjungnya. Di kafe ini, Anda bisa berkomunikasi dengan para robot dan mereka akan memberikan pelayanan terbaik mereka persis seperti adegan yang ada dalam film Passengers atau Star Wars.

Meskipun hanya berbentuk tangan, robot yang diberi nama Gordon ini sudah diprogram untuk melakukan semua gerakan yang diperlukan layaknya seorang barista yang jago membuat secangkir kopi. Gerakan ini termasuk gerakan meraih cangkir, memompa sirup, dan memastikan posisi yang seimbang dari kacang, air, susu serta kopi untuk membuat kopi seideal mungkin.

Tidak hanya itu saja, robot ini juga mampu membuat kopi sejumlah 100 hingga 120 cangkir kopi per satu jam untuk pelanggannya. Selain itu, robot ini juga dibekali kemampuan untuk mempercepat proses pembuatan kopi. Karena pembuatan kopi menjadi lebih cepat, hal ini dapat mengurangi waktu tunggu pelanggan untuk mendapatkan secangkir kopi spesial .
Baca Juga Berikut 3 Game Yang Diprediksi Akan Populer di 2017

“Saya sudah lama menjadi konsumen kopi populer dan tidak pernah mendapatkan

pengalaman yang terjamin nyaman seperti ini” kata Harry Hu, pendiri sekaligus CEO Café X, mengutip dari Trusted Review, Rabu (1/2/2017).

Setelah kopi selesai dibuat, lengan robot ini akan menempatkan kopi pelanggan sesuai meja pemesanannya. Sementara itu, jika pelanggan ingin memesan kopi, mereka hanya perlu memasukkan empat digit angka pada mesin pemesanan dan memasukkan uang mereka.

Inspirasi untuk membuat Coffe Shop dengan konsep robot sendiri

datang dari perjalanan Hu ke Pabrik Volkswagen di Wolfsburg, Jerman, beberapa tahun silam. ”Saya melihat robot membuat mesin mobil disana. Kenapa toko kopi saya tidak bisa menggunakannya?”, imbuh Herry Hu.

Konsep coffe shop dengan robot kopi ini hanya bisa kita temukan di Coffe X saja

. Namun, Forrester analis J.P. Gownder memprediksikan pada tahun 2025, akan terjadi penurunan jumlah tenaga kerja manusia sejumlah 7% karena sebagian pekerjaan dapat digantikan oleh robot seperti bidang pekerjaan di bidang manufaktur dan bidang lainnya.

 

sumber :

https://rollingstone.co.id/seva-mobil-bekas/