Perusahaan Multinasional

Perusahaan MultinasionalPerusahaan Multinasional

2.1.1. Pengertian dan Definisi Perusahaan Multinasional

Secara umum, pengertian dari perusahaan multinasional (MNC) adalah perusahaan yang berusaha di banyak Negara, dan biasanya sangat besar. Perusahaan multinasional biasanya memiliki kantor-kantor, cabang atau pabrik di banyak Negara, dan biasanya memiliki satu kantor pusat dimana mereka dapat mengkoordinasi manajemen pemasaran secara global. Pengaruh dari perusahaan multinasional pun biasanya cukup besar bagi ekonomi dan politik Internasional.

Perusahaan Multinasional atau Multinational Corporation ialah badan usaha yang memiliki, mengendalikan, dan atau mengelola fasilitas-fasilitas produksi yang tersebar di sejumlah Negara (Salvatore,1995). Dari definisi tersebut paling tidak dapat dibayangkan bahwa perusahaan multinasional adalah perusahaan yang berskala besar, memiliki gross profit yang luar biasa, serta seringkali melibatkan manajemen yang kompleks. Pada kenyataannya, memang secara keseluruhan perusahaan multinasional menguasai lebih dari 20% output dunia dan nilai transaksi perdagangannya mencapai lebih dari 25% dari keseluruhan transaksi perusahaan manufaktur dunia. Jadi, pentingnya keberadaan perusahaan multinasional bukan hanya karena besarnya perusahaan mereka, namun lebih karena keberadaannya. Perusahaan multinasional juga disebut sebagai non-actor state atau actor non-negara yang keberadaannya dianggap dapat berdampak banyak bagi suatu Negara.

Sumber :

https://promo-honda.id/