Perancangan Berorientasi objek

Perancangan Berorientasi objek

Perancangan Berorientasi objek
Perancangan Berorientasi objek

Perancangan Berorientasi objek (object-oriented analysis and design (OOAD))

  1. Perancangan berorientasi objek adalah Suatu teknik atau cara pendekatan baru dalam melihat permasalahan dan sistem (sistem perangkat lunak. Sistem informasi, atau sistem lainnva). Pendekatan berorientasi objek akan memandang sistem yang akan dikembangkan sebagai suatu kumpulan objek yang berkorespondensi dengan objek-objek dunia nyata.
  2. Objek dan Kelas
    1. Objek adalah benda yang secara fisik dan konseptual yang ada disekitar kita. Beberapa contoh objek, seperti hardware, software, dokumen, manusia, konsep, dan lainnya.
    2. Kelas adalah gambaran sekumpulan objek yang terbagi dalam atribut, operasi, metode, hubungan dan makna yang sama. Atau suatu kegiatan yang mengumpulkan data(atribut) dan perilaku (operasi) yang mempunyai struktur data sama ke dalam satu grup.
  3. Metode pengembangan perangkat lunak berorientasi objek yang sudah dikenal, dan diantaranya adalah
    1. Object Oriented Analysis (OOA) dan Object Oriented Design (OOD) dari Peter Coad dan Edward Yourdon [1990].
    2. Object Modeling Technique (OMT) dan James Rumbaugh, Michael Blaha, William Premerlan, Frederick Eddy dan William Lorensen [1991].
    3. Object Oriented Software Engineering (OOSE) dan Ivar Jacobson [1992].
    4. Booch Method dan Grady Booch [1994].
    5. Sritrop dan Steve Cook dan John Daniels [1994].
    6. UML (Unified Modeling Language) dari James Rumbaugh. Grady Booch dan Ivar Jacobson [1997].
  4. Metodologi pengembangan sistem berorientasi objek mempunyai tiga karakteristik utama, yaitu:

1.      Encapsulation

  •  Encapsulation merupakan dasar untuk pembatasan ruang lingkup program terhadap data yang diproses.
  •  Data dan prosedur atau fungsi dikemas bersama-sama dalam suatu objek, sehingga prosedur atau fungsi lain dari luar tidak dapat mengaksesnya.
  •  Data terlindung dari prosedur atau objek lain, kecuali prosedur yang berada dalam objek itu sendiri.

2.      Inheritance

  •  Inheritance adalah teknik yang menyatakan bahwa anak dari objek akan mewarisi data/atribut dan metode dari induknya langsung. Atribut dan metode dari objek dari objek induk diturunkan kepada anak objek, demikian seterusnya.
  • Inheritance mempunyai arti bahwa atribut dan operasi yang dimiliki bersama di anatara kelas yang mempunyai hubungan secara hirarki.
  •  Inheritance menggambarkan generalisasi sebuah kelas.

3.     Polymorphism

  •  Polimorfisme yaitu konsep yang menyatakan bahwa sesuatu yang sama dapat mempunyai bentuk dan perilaku berbeda.
  •  Kemampuan objek-objek yang berbeda untuk melakukan metode yang pantas dalam merespon message yang sama.
  •  Seleksi dari metode yang sesuai bergantung pada kelas yang seharusnya menciptakan objek.

Sumber : https://synthesisters.com/