Penyelenggaraan dan pemanggilan

https://mitradesain.co.id/2020/06/11/seva-mobil-bekas/ Penyelenggaraan dan pemanggilan

RUPS pada hakikatnya adalah wadah dimana para pemegang saham berhimpun untuk memperjuangkan kepentingannya, yang dalam mengambil keputusan akan berakhir dengan pemungutan suara. Maka untuk sahnya RUPS, merupakan syarat mutlak semua pemegang saham  harus di berikan jika akan di adakan RUPS , sehingga untuk menjadikan pertimbangan bagi pemegang saham, menurut kepentingannya, apakah ia merasa perlu hadir atau tidak dalam RUPS yang di adakan.

Karena itu menurut ketentuannya RUPS hanyalah dapat membicarakan mengenai  acara-acara yang sudah di cantumkan dalam surat pemanggilan RUPS.

Menurut pasal 79 uu 2007, direksilah yang menyelenggarakan RUPS dengan di dahului dengan pemanggilan. Dalam pasal 82 UU 2007, dan dalam pasal 9 Anggaran dasar, di atur mengenai tata cara pemanggilan. Pemanggilan kini di lakukan dalm jangka  waktu paling lambat 14 harisebelum tanggal RUPS di adakan, dengan tidak memperhitungkan  tanggal pemanggilan dan RUPS.

Pemanggilan di lakukan dengan surat tercatat atau iklan dalm serat kabar. Dalm panggilan harus di cantumkan tanggal, waktu, tempat, dan mata acara rapat yang di sertai pemberitahuan  bahwa bahan yang akan di bicarakan tersedia di kantor perseroan sejak tanggal di lakukan pemanggilan sampai tanggal RUPS di adakan.

Bagaimana manakala pemanggilan tidak di lakukan sebagaimana terurai di atas. Logisnya, maka RUPS menjadi tidak sah. Namun menurut pasal 82 ayat 5,dalam hal pemanggilan tidak sesuai dengan ketentuan sebagaimana di maksud di atas, maka RUPS tetap sah, jika semua pemegang saham dengan hak suara hadir atau di wakili secara bulat menyetujui diadakannya RUPS tersebut serta semua di antara mereka setuju dengan keputusan RUPS.

Ø Yang memprakarsai  RUPS dapat di selenggarakan

Umumnya prakarsa mengadakan RUPS itu datangnya dari direksi, karena direksilah yang menjalankan manajemen perseroan. Tetapi sebagaimana pasal 79 ayat 2 UU 2007, prakarsa untuk meminta di adakannya RUPS dapat pula dari pihak pemegang saham. Dapat di mintakan oleh satu orang atau lebih yang pemegang saham. Satu orang ini atau lebih dari itu orang dan bersama- sama, mewakili 1/10 atau lebih dari jumlah seluruh pemegang saham yang berhak suara atau permintaan diselenggarakannya rapat tersebut dapat pula datangnya dari dewan komisaris.

Permintaan oleh pemegang saham sebagaimana teruarai diatas, diajukan kepada direksi dengan surat tercatat disertai dengan alasannya yang tembusannya disampaikan kepada dewan komisaris (pasal 79 ayat 3 dan ayat 4). Dalam hal demikian ini direksi wajib menyelenggarakan RUPS yang diminta itu dalam jangka waktu paling lambat 15 hari terhitung dari sejak tanggal permintaan penyelenggaraan rapat.

sumber :

Tutorial Cara Membeli Mobil Bekas Dari Seva.Id Lengkap