Penjelasan Tarikh

Penjelasan Tarikh

Penjelasan Tarikh
Penjelasan Tarikh

 

Permulaan Manusia

Para ahli tarikh berbeda pendapat tentang permulaan manusia, ada yang berpendapat bahwa manusia sudah berada dimuka bumi selama lebih kurang 4000 tahun hijriyah atau miladiyah. Ada yang berpendapat lebih kurang 6000 tahun yang lalu, dan ada pula yang berkeyakinan bahwa adanya manusia sudah bermiliyun-liyunan tahun yang lalu.
Tetapi para ahli tarikh sependapat mengatakan bahwa ummat manusia yang tertua dimuka bumi ini adalah bangsa Tionghoa (china), mesir, dan hindu. Menurut ahli-ahli tari dari eropa tiga bangsa tersebut sudah ada 6000 tahun atau 10.000 tahun yang lalu.

Manusia

Menurut ahli ilmu tarikh, manusia mula-mulanya sangat buas dan kemudian setelah beberapa zaman barulah mereka mengadakan dan membuat apa-apa yang mereka perlakukan dalam kehidupannya. Seperti; rumah, pakaian dan lain-lain. Kemudian peradaban manusia itu berubah dan maju sampai saat ini.

Bumi Dan Isinya

Para ahli ilmu tabaqatil ardi berpendapat bahwa bumi ini aslinya satu jisim dari api, sesudah beberapa tahun yang tidak diketahui oleh manusia lamanya, bumi ini menjadi dingin dan keras, kemudian setelah beberapa masa barulah dapat ditumbuhi oleh tumbuh-tumbuhan dan diami oleh binatang dan akhirnya ditempati oleh manusia.

Jenis Manusia

Manusia terlalu banyak jenisnya, tetapi jika dilihat dari jenis kulit asal ada tiga yaitu;
1. Jenis kulit putih
Jenis kulit ini berasal dari persia sampai kehindustan, asia barat dan benua eropa.
2. Jenis kulit kuning
Manusia yang berjenis kulit kuning pada umumnya berasal dari asia utara sampai china dan pulau-pulau malaka.
3. Jenis kulit hitam
Jenis kulit hitam ini biasanya berasal dari daerah afrika dan australia.

Pembagian Zaman Tarikh

Ssesuai dengan perkembangan sejarah ummat manusia dimuka bumi ini, maka para ahli ilmu tarikh membagi zaman tarikh menjadi tiga zaman yaitu;
1. Zaman permulaan
Zaman ini dimulai sejak adanya manusia atau sejak permulaan dunia sampai runtuhnya kerajaa romawi barat pada abad ke-5 masehi ( tahun 476 M )
2. Zaman pertengahan
Zaman ini dimulai sejak runtuhnya kerajaan romawi barat sampai runtuhnya kerajaan romawi timur atau pada saat bangsa turki merebut istambul pada abad ke-15 (tahun 1453 M)
3. Zaman akhir
Zaman ini dimulai sejak istambul direbut oleh bangsa turki sampai zaman sekarang ini.

Baca Juga: