Penjelasan Mengenai Fiberlass

Penjelasan Mengenai Fiberlass

Anda pasti sudah familiar dengan fiberglass, tapi tidak semua orang bisa mendeskripsikan fiberglass secara detail. Padahal fiberglass banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, disini kita akan berbicara tentang fiberglass.

Apa itu fiberglass?

Serat gelas adalah serat gelas yang berasal dari gelas cair yang ditarik menjadi serat tipis. Serat ini dipintal menjadi benang atau ditenun menjadi kain. Itu kemudian diresapi dengan resin, menghasilkan bahan yang kuat dan tahan korosi.

Banyak orang mengira fiberglass terbuat dari kaca dan bersifat rapuh. Namun, melalui berbagai jenis proses pengepresan, kaca cair atau bubuk diubah menjadi serat. Proses ini mengubah kaca menjadi serat yang kuat dan tidak bisa pecah.

Ingin membeli fiberglass berkualitas tinggi dengan harga terjangkau? Tapi bingung mau beli dimana? Inilah jawabannya. Kami sangat merekomendasikan toko dan distributor dengan keandalan tinggi. Kunjungi Sustaining Towers segera dan harganya murah tapi tidak murahan dan tentunya kualitas produk terjamin. Mengapa? Karena ada distributor langsung.
Kegunaan fiberglass

Fiberglass ini memiliki sejarah penggunaan militer. Namun seiring perkembangan zaman, teknologi dan inovasi mulai meningkat fungsinya sebagai bahan pembuatan atap, mobil, perahu, tangki air, perahu, payung promosi, dll. Sifat mekanik serat kaca bergantung pada beberapa faktor, seperti jenis serat, orientasi, dan desain.

Bahan dasar fiberglass

Damar Damar merupakan bahan kimia yang berbentuk cair, mirip dengan minyak goreng, tetapi kental.
Katalis, cairan ini bisa disebut pendamping setia resin, yang biasanya berwarna transparan dan memiliki bau yang kuat. Semakin banyak katalis, semakin cepat massa mengeras. Ketika larutan ini bersentuhan dengan kulit, itu memanas.
Kalsium karbonat, zat ini berbentuk bubuk berwarna putih yang menyerupai tepung. Bahan ini bertindak sebagai pengental massa fiberglass utama (resin, katalis, dll.). Semakin banyak campuran kalsium karbonat dalam adonan, semakin tebal dan berat fiberglassnya. Bahan ini bisa diganti dengan bedak, tetapi warna bedak sedikit lebih gelap.
Met / Matt, bahan ini dari fiberglass. Bahan ini berfungsi sebagai penguat serat pada massa fiberglass pada saat dicetak, sehingga hasilnya lebih kuat dan tidak mudah pecah. Bentuknya bermacam-macam, ada yang menyerupai mie, kain, karung, dan sarang lebah. Tapi yang sering kita lihat di pasaran adalah kemunculannya secara langsung.
Cobalt Cobalt adalah bahan kimia cair berwarna biru tinta dengan bau yang tidak sedap. Cairan ini digunakan sebagai campuran tambahan resin dan massa katalis, dimana massa menjadi lebih lengket pada logam dan mempercepat pengerasan serat-serat massa. Menambahkan terlalu banyak kobalt dapat menyebabkan serat mudah patah (rapuh).
Wold (release agent), bahan ini berfungsi sebagai pelumas pada tahap printing menggunakan moulding berupa butter / keju bila dibiarkan di dalam wadah, sehingga moulding dan mould tidak lengket sehingga mudah untuk dilepas.

Proses Pembuatan Fiberglass

Ada tiga cara membuat fiberglass.

Campur 6 bahan utama bahan dasar
Buat campuran penguat
Menyelesaikan atau meningkatkan

Untuk menghasilkan fiberglass berkualitas tinggi, campuran bahan di master mould harus lebih tebal dari fiberglass akhir (kira-kira 2-3mm atau 3-4 lapis).