Pengertian, Unsur, Syarat Berita yang Baik dan Contoh Soal UN

Pengertian, Unsur, Syarat Berita yang Baik dan Contoh Soal UN

Pengertian, Unsur, Syarat Berita yang Baik dan Contoh Soal UN

Pengertian, Unsur, Syarat Berita yang Baik dan Contoh Soal UN
Pengertian, Unsur, Syarat Berita yang Baik dan Contoh Soal UN

Pengertian

Berita adalah laporan tentang suatu peristiwa atau kejadian. Menurut Mickhel V. Charniey (Romli, 2009:5) mengemukakan bahwa “berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau  kejadian yang faktual, penting,  dan menarik bagi sebagian pembaca,serta menyangkut kepentingan mereka”. Willard C. Bleyer (Romli, 2009:35) berita adalah sesuatu yang terkini (baru) yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar sehingga menarik minat bagi para pembaca.

Adapun unsur-unsur berita terdiri atas what (apa), where (dimana), when (kapan), who (siapa), why (mengapa), dan how (bagaimana), sering disingkat Adiksimba.

Unsur-unsur Berita

Berikut penjelasan yang lebih lengkap dari unsur-unsur menurut Inung Cahya S. (2012:17) yaitu :

1. What
Suatu berita dikatakan baik jika contoh teks ulasan memenuhi unsur what, yaitu berisi pernyataan yang dapat menjawab pertanyaan apa.

2. Where
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur where, yaitu berisi deskripsi lengkap tentang tempat kejadian.

3. When
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur when, yaitu menyebutkan waktu kejadian peristiwa.

4. Who
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur who, yaitu disertai keterangan tentang orang-orang yang terlibat dalam peristiwa.

5. Why
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur why, yaitu disertai alasan atau latar belakang terjadinya peristiwa.

6. How
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur how, yaitu dapat dijelaskan proses kejadian suatu peristiwa dan akibat yang ditimbulkan.

Syarat berita yang baik :

  1. Benar, apa yang diberitakan itu sesuai fakta dengan bukti-bukti yang konkret.
  2. Sederhana, berita yang ditulis harus sederhana, baik dalam isi maupun bahasanya.
  3. Singkat,berita yang baik adalah tidak bertele-tele, langsung pada pokok permasalahan, singkat, jelas, dan padat sehingga tidak menimbulkan kebosanan pada pembaca.
  4. Jelas, apa yang diberitakan itu tidak semu, jelas, dan bisa dipertanggungjawabkan.
  5. Hidup, apa yang diberitahukan harus mendorong minat pembaca dan mengikuti  perkembangan berikutnya.

Contoh Soal UN:

Perhatikan fakta-fakta berikut!

(1) Api sulit dipadamkan warga sekitar.
(2) Barang-barang habis terbakar.
(3) Subuh dini hari terjadi kebakaran.
(4) Pemukiman jauh dari sumber mata air.

Teks berita berdasarkan fakta-fakta tersebut yang tepat adalah ….

A. Sore hari terjadi kebakaran. Kebakaran melanda kawasan pemukiman penduduk. Api sulit                  dipadamkan warga sekitar karena lokasi jauh dari sumber mata air. Barang-barang seisi rumah tak      terselamatkan.
B. Subuh dini hari terjadi kebakaran. Api diduga berasal dari korsleting listrik. Api sulit dipadamkan        warga sekitar karena lokasi jauh dari sungai. Barang-barang seisi rumah yang kosong penghuni          terselamatkan.
C. Kebakaran melandakawasan pemukiman. Peristiwa tersebut terjadi subuh dini hari. Api sulit                dipadamkan warga sekitar karena lokasi jauh dari sumber mata air. Barang-barang seisi rumah            yang kosong  penghuni tak  terselamatkan.
D. Kawasan permukiman terbakar. Subuh dini hari kompor gas meledak. Api sulit dipadamkan                karena lokasi jauh dari sumber mata air. Barang-barang seisi rumah yang kosong penghuni tidak          dapat terselamatkan dari kobaran api.

Kunci : C

Pembahasan :

Kebakaran melanda kawasan pemukiman. Peristiwa tersebut terjadi subuh dini hari. Api sulit dipadamkan warga sekitar karena lokasi jauh dari sumber mata air. Barang-barang seisi rumah yang kosong penghuni tak terselamatkan.