Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

Dan untuk lebih jelasnya mengenai pengertian strategi pembelajaran yang tepat dan benar. Berikut ini definisi dan arti strategi pemelajaran menurut para ahli :

  1. Kozma (Sanjaya, 2007)

Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai yang dipilih, yaitu yang dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada peserta didik menuju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu.

  1. Egger Kauchak dan Harder

Strategi mengajar adalah jenis-jenis metode mengajar yang khusus direncanakan untuk mencapai tujuan khusus.

  1. Gerlach dan Ely (1990)

Strategi merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu. Selanjutnya mereka menjabarkan bahwa strategi pembelajaran dimaksudkan meliputi sifat, lingkup, dan urutan kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik.

  1. Gropper di dalam Wiryawan dan Noorhadi (1998):

Strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Mereka menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dapat dipraktekkan.

  1. Gilistrap Martin

Strategi pembelajaran adalah pola ketrampilan dan perilaku guru yang dimaksudkan untuk menolong siswa mencapai tujuan pengajaran.

  1. Cropper di dalam Wiryawan dan Noorhadi (1998)

Strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. la menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dapat dipraktikkan.

  1. Dick dan Carey (1990 dalam Sanjaya, 2007)

Strategi Pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Strategi pembelajaran bukan hanya sebatas pada prosedur atau tahapan kegiatan belajar saja, melainkan termasuk juga pengaturan materi atau paket program pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik.

  1. Kemp (Wina Senjaya: 2008)

Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.

  1. Kosasih Djahiri dan Somara ( 1980:10 )

strategi belajar mengajar adalah perencanaan pengajaran dari seorang guru tentang cara pengajaran akan dibawakannya. Pendapat yang hampir sama dikemukakan oleh Raka Joni yang berpendapat bahwa yang dimaksud strategi belajar mengajar adalah pola umum perbuatan guru didalam mewujudkan kegiatan belajar mengajar.[5]

 

bca juga :