Pengertian Motherboard dan Komponennya

Pengertian Motherboard dan Komponennya

Pengertian Motherboard dan Komponennya
Pengertian Motherboard dan Komponennya

Motherboard ialah

papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada komputer PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.

Pengertian lain dari Motherboard (Papan Induk) atau dengan kata lain mainboard ialah papan utama berupa komputer PC yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.

Motherboard (Papan Induk) yang banyak ditemui dipasaran saat ini ialah Motherboard milik komputer PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi komputer PC IBM.

Motherboard (Papan Induk) merupakan komponen utama dari sebuah komputer PC, karena pada Motherboard semua komponen komputer PC anda akan disatukan. Bentuk Motherboard (Papan Induk) seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard (Papan Induk) merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard (Papan Induk) menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.

Komponen-komponen Motherboard

Konektor Power

Konektor power ialah pin yang menyambungkan Motherboard (Papan Induk) dengan power supply di casing sebuah komputer. Pada Motherboard (Papan Induk) tipe AT, casing yang dibutuhkan ialah tipe AT juga. Konektor power tipe AT terdiri dari dua bagian, di mana dua kabel dari power supply akan menancap di situ.

Pada tipe ATX, kabel power supply menyatu dalam satu header yang utuh, sehingga Anda tinggal menancapkannya di Motherboard (Papan Induk). Kabel ini terdiri dari dua kolom sesuai dengan pin di Motherboard (Papan Induk) yang terdiri atas dua larik pin juga. Ada beberapa Motherboard (Papan Induk) yang menyediakan dua tipe konektor power, AT dan ATX. Kebanyakan Motherboard (Papan Induk) terbaru sudah bertipe ATX.

Socket atau Slot Prosesor

Terdapat beberapa tipe colokan untuk menancapkan prosesor Anda. Model paling lama ialah ZIF ( Zero Insertion Force) Socket 7 atau popular dengan istilah Socket 7. Socket ini kompatibel untuk prosesor bikinan Intel, AMD, atau Cyrix. Biasanya digunakan untuk prosesor model lama (sampai dengan generasi 233 MHz). Ada lagi socket yang dinamakan Socket 370. Socket ini mirip dengan Socket 7 tetapi jumlah pinnya sesuai dengan namanya, 370 biji.

Socket ini kompatibel untuk prosesor bikinan Intel. Sementara AMD menamai sendiri socketnya dengan istilah Socket A, di mana jumlah pinnya juga berbeda dengan socket 370. Istilah A digunakan AMD untuk menunjuk merek prosesor Athlon. Untuk keluarga prosesor Intel Pentium II dan III, slot yang digunakan disebut dengan Slot 1, sementara Motherboard (Papan Induk) yang menunjang prosesor AMD menggunakan Slot A untuk jenis slot yang seperti itu.

North bridge controller

VIA VT8751A yang memberikan interface prsessor dengan frekuensi 533/400MHz, yang mensupport intel Hypertheading Tecnologi, interface system memory yang beropersi pada 266MHz, dan interface AGP 1.5V yang mendukung spesifikasi AGP 2.0 termasuk write protocol dengan kecepatan 4X.

Sumber: gameboxx.me