Pengertian klasifikasi strategi

Pengertian klasifikasi strategi

Pengertian klasifikasi strategi

Klasifikasi strategi pembelajaran adalah pengelompokkan strategi pembelajaran berdasarkan segi-segi yang sejenis, yang terdapat dalam setiap strategi pembelajaran, misalnya klasifikasi tentang manusia. Manusia dapat diklasifikasi  dengan menggunakan beberapa dasar klasifikasi , misalnya dari segi jenis kelaminnya, manusia dibedakan atas laki-laki dan perempuan, dari  segi warna kulitnya manusia dapat diklasifikasikan atas kulit kuning, kulit putih, kulit hitam dan kulit sawo matang, dari segi rasnya, manusia diklasifikasi atas ras mongoid,  ras kaskasoid dan ras negroid, dan sebagainya. Demikian pula halnya dengan strategi pembelajaran, kita dapat mengklasifikasinya dengan menggunakan berbagai dasar klasifikasi. Menurut Mulyono (1994), strategi dapat diklasifikasikan  menjadi  5, yaitu: strategi pendekatan pembelajaran langsung (direct intruction), tak langsung (indirect intruction), interaktif, mandiri, dan melalui pengalaman (experiment).

  1. Strategi pendekatan pembelajaran langsung.

Pendekatan pembelajaran langsung merupakan pembelajaran yang banyak diarahkan oleh guru. Pendekatan ini efektif untuk menentukan informasi atau membangun keterampilan tahap demi tahap. Pembelajaran langsung biasanya bersifat deduktif. Kelebihan pendekatan ini adalah mudah untuk direncanakan dan digunakan, sedangkan kelemahan utamanya dalam mengembangkan kemampuan-kemampuan, proses-proses, dan sikap yang diperlukan untuk pemikiran kritis dan hubungan  interpersonal serta belajar kelompok. Agar peserta didik dapat mengembangkan sikap dan pemikiran kritis, pembelajran langsung perlu dikombinasikan dengan strategi pembelajaran yang lain.

sumber :
https://hopalleybrew.com/seva-mobil-bekas/