PENGERTIAN EKONOMI REGIONAL

PENGERTIAN EKONOMI REGIONAL

PENGERTIAN EKONOMI REGIONAL

Pengertian ekonomi regional berarti

suatu cabang ilmu ekonomi yang secara spesifik membahas tentang pembatasan-pembatasan wilayah ekonomi dari suatu negara dengan mempertimbangkan kondisi dan berbagai sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang ada pada setiap wilayah ekonomi dalam suatu negara tersebut.

Ilmu ekonomi regional adalah ilmu yang membahas cara masyarakat memenuhi kebutuhan wilayahnya. Pada ekonomi regional tidak dibahas mengenai kegiatan individu tetapi justru menganalisis suatu wilayah secara keseluruhan dengan memperhatikan potensi yang ada dalam wilayah yang dapat dikembangkan agar dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dari wilayah yang bersangkutan.

Ilmu ekonomi regional ini baru masuk ke Indonesia pada awal tahun 1970an mengingat pentingnya pembangunan daerah sebagai bagian dari cara untuk mencapai tujuan pembangunan nasional dan setiap daerah memiliki potensi yang berbeda-beda. Ekonomi regional ini dapat memberikan saran untuk berbagai kegiatan atau komoditi yang akan dilaksanakan.

Ekonomi regional dapat bermanfaat salah satunya untuk membantu perencanaan wilayah sehingga lebih menghemat waktu dan biaya dalam memilih suatu lokasi. Agar dapat bermanfaat dengan optimal, ilmu ekonomi regional ini harus diimplementasikan dengan berbagai cabang ilmu lain yang cocok dengan kegiatan yang akan dilakukan untuk memajukan suatu wilayah tertentu.

Dalam ekonomi regional dikenal menjadi 2 bagian yaitu regional science dan juga regional planning. Regional science adalah ilmu ekonomi regional yang lebih menekankan pada analisa dari aspek-aspek ekonomi dan geografi dari suatu negara. Sedangkan regional planning adalah ekonomi regional yang lebih menekankan pada aspek-aspek tata ruang, land use, dan suatu perencanaan dalam memaksimalkan kegiatan ekonomi.


Sumber: https://www.malinoputra.co.id/my-talking-dog-apk/