PENGERTIAN EKONOMI PEMBANGUNAN

PENGERTIAN EKONOMI PEMBANGUNAN

PENGERTIAN EKONOMI PEMBANGUNAN

Pengertian ekonomi pembangunan berarti

suatu cabang ilmu ekonomi yang secara khusus mempelajari mengenai masalah-masalah pembangunan ekonomi di negara-negara berkembang. Cabang ilmu ekonomi ini sangat penting untuk dipahami di negara Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan atau memperbesar pendapatan per kapita negara Indonesia.

Sifat dari ekonomi pembangunan ini adalah merupakan suatu proses yang mengutamakan adanya perubahan secara terus menerus. Usaha dalam ekonomi pembangunan ini juga difokuskan pada kenaikan pendapatan per kapita di mana pendapatan per kapita tersebut harus terus berlanjut dalam jangka yang cukup panjang.

Sasaran dalam ekonomi pembangunan adalah diarahkan untuk meningkatkan persediaan dan memperluas pembagian atau pemerataan bahan pokok untuk kebutuhan hidup seperti perumahan, kesehatan, dan lingkungan. Selain itu, ekonomi pembangungan juga digunakan untuk mengangkat atau mempertinggi pendapatan dan penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat.

Ekonomi pembangunan digunakan untuk memperluas jangkauan antara pilihan ekonomi dan sosial baik bagi individu maupun nasional dengan cara membebaskan masyarakat dari sikap ketergantungan dan juga sumber-sumber penderitaan. Ekonomi pembangunan ini tidak hanya memenuhi kebutuhan materi, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran bagi masyarakat dan negara.

Ekonomi pembangunan diharapkan dapat meningkatkan pembangunan kerja yang tinggi dan menurunkan tingkat pengangguran. Selain itu ekonomi pembangunan juga diharapkan mampu merubah pola sosial, sikap mental, dan tingkah laku masyarakat atau lembaga pemerintah menjadi lebih baik dan menuju kemakmuran masyarakat umum.

Strategi ekonomi pembangunan adalah dengan meningkatkan output nyata atau produktivitas yang tinggi secara terus menerus dapat meningkat. Output yang tinggi ini diharapkan dapat meningkatkan persediaan dan memperluas pembagian bahan kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari.


Sumber: https://www.makassartv.co.id/2020/04/28/banana-island-apk/