PENGERTIAN EKONOMI MAKRO MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN EKONOMI MAKRO MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN EKONOMI MAKRO MENURUT PARA AHLI

1. BUDIONO 2001

Menurut budiono, teori yang berkaitan tentang ekonomi makro yaitu, ilmu yang mengatur, mempelajari, dan menjalankan aktifitas ekonomi secara menyeluruh, tanpa mempertimbangkan berbagai hal lainnya. Hal ini bisa terjadi dikarenakan, ketika seorang pelaku bisnis telah memahami tentang ilmu ekonomi makro ini, maka akan mampu mengendalikan keuangan.

Keungan di sini yaitu kondisi keuangan dari sebuah perusahan ataupun lembaga dan bisnis. Kita ketahui bersama jika pengendalian ekonomi ini ketika mampu dilakukan dengan baik dan benar, niscaya akan mampu menstabilkan kondisi keuangan dalam kondisi apapun itu. Maka dari itu, Budiono mengatakan ilmu yang harus dipelajari secara menyeluruh.

2. SADONO SUKIRNO 2000

Menurut Sadono Sukirno tidak lah jauh dari pemaparan dari Budiono, yaitu sebuah ilmu ekonomi yang harus dijadikan rujukan dalam mengambil sebuah keputusan ekonomi, sehingga perjalanan dari aktiftas ekonomi ini dapat berjalan bagaimana semestinya. Ilmu ekonomi makro ini menjadi landasan tentang kualitas dari bisnis yang dijalankan.

Pertumbuhan ekonomi serta perilaku ekonomi akan mampu membaca setiap aktiftas yang dilakukan. Oleh sebab itu, makna dari ilmu yang mengatur alur keuangan bisnis ini mampu menjadikan yang awalnya terpuruk, akan mampu diatur sedemikian rupa sehingga mampu memperbaiki diri dan menstabilkan kondisi yang sedang terjadi.

3. SAMUELSON DAN NORDHAUS

Menurut Samuelson dan Nordhaus, ekonomi makro ialah sebuah ilmu bidang ekonomi yang mempelajari pola praktek aktifitas bisnis, yang berorientasi pada pemahaman secara menyeluruh dan komprehensif. Sehingga akan mengakar pada seluruh aktiftas ekonomi perdagangan yang sedang dijalankan.

Selain dilakukan pemahaman secara mendalam dan keseluruhan, juga diaplikasikan ke dalam aktiftas harian dari bisnis tersebut. Sehingga akan nampak jelas penilaian dan perkembangan akan pergerakan ekomoi bisnis yang sedang dijalankan. Ketika mengalami perlambatan ekonomi, maka akan nampak jelas sedangkan ketika mengalami peningkatan maka juga akan terlihat jelas secara laporan ekonomi perdagangan.

4. ROBERT S. PINDYCK DAN DANIEL L. RUBINFELD 2009

Menurut Robert ekonomi makro ialah sebuah ilmu yang mengedepankan perilaku, baik akan sebuah aktiftias berbisnis dari segi keuangan dan pola ekonomi yang ada. Sehingga akan mewujudkan pertumbuhan dan pengelolaan keuangan yang stabil dan transparan. Dampak ketika tidak mengelola ekonomi makro secara baik, maka akan menjadikan keuangan tidak stabil.

Memang dampak terbesar ketika tidak mampu mengendalikan pergerakan ekonomi ini yaitu, akan terjadinya perlambatan ekonomi. Sehingga keuangan dan laporan pengeluaran juga pemasukan pun akan tersendat dan akan terhambat. Oleh karena itu, bagi seorang pelaku bisnis ekonomi skala makro ini senantiasa memperhatikan perihal ilmu ekonomi ini.


Baca Juga :