PENGELOLAAN PRODUK DAN PENGEMBANGAN PRODUK BARU

PENGELOLAAN PRODUK DAN PENGEMBANGAN PRODUK BARU

PENGELOLAAN PRODUK DAN PENGEMBANGAN PRODUK BARU

PENGELOLAAN PRODUK DAN PENGEMBANGAN PRODUK BARU
PENGELOLAAN PRODUK DAN PENGEMBANGAN PRODUK BARU

a) Arti Produk bagi Konsumen


Produk adalah pengubahan bahan-bahan dari sumber-sumber menjadi sebuah hasil yang diinginkan oleh konsumen. Hasil tersebut dapat berupa barang ataupun jasa. Produk adalah pemahaman produsen sebagai usaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Produk adalah segala sesuatu (meliputi obyek fisik, jasa, tempat, organisasi, gagasan, ataupun pribadi) yang dapat atau mampu ditawarkan produsen untuk diminta, dicari, dibeli, digunakan atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan dan keinginan.

b) Konsep tentang Barang dan Jasa dalam Pemasaran

  1. Konsep produksi

 

Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.

 

  1. Konsep produk

 

Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik

 

  1. Konsep penjualan

 

Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.

 

  1. 4. Konsep pemasaran

 

Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunsi untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

 

  1. Konsep pemasaran sosial

 

Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien dari pada para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

 

  1. Konsep Pemasaran Global

 

Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.

 

c) Pendekatan-pendekatan untuk Menggolongkan Produk

Salah satu strategi untuk menentukan jadwal produksi adalah membuat penggolongan produk. Pada umumnya penggolongan produk dibagi 3, yaitu:

@ Sifat Proses Produksi

 

Penggolongan proses produksi menurut sifat ini akan menentukan jenis atau bentuk pokok yang dipakai dalam pengolahan suatu produk. Berdasarkan sifatnya, proses produksi dapat dibedakan menjadi 4 macam yakni :

> Proses Ekstraktif

Proses ekstraktif adalah suatu proses produksi yang mengambil bahan-bahan langsung dari alam. Contoh : proses penambangan batu bara, bijih emas dan lain sebagainya.

> Proses Analitik

Proses analitik adalah suatu proses pemisahan dari suatu bahan menjadi beberapa macam barang yang hampir menyerupai bentuk atau jenis aslinya.

> Proses Fabrikasi

Proses fabrikasi atau proses pengubahan adalah suatu proses yang mengubah suatu bahan menjadi beberapa bentuk. Contoh : proses pembuatan baju, sepatu dll.

> Proses Sintetik

Proses ini menunjukkan metode pengkombinasian beberapa bahan ke dalam suatu bentuk produk.

Sumber : https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/11144-pengertian-akuntansi-menurut-para-ahli