Pembuluh darah Manusia

Pembuluh darah Manusia

Pembuluh darah Manusia

Pembuluh darah Manusia

Pembuluh darah pada manusia dibedakan menjadi tiga macam yaitu pembuluh nadi (arteri), pembuluh balik (vena), dan pembuluh kapiler.

1) Pembuluh nadi (arteri)

adalah pembuluh yang membawa darah keluar dari jantung. Letaknya agak dalam tersembunyi dari permukaan tubuh. Dinding pembuluh darah kuat dan elastis. Denyutnya terasa dan mempunyai satu katup dekat jantung yang berfungsi menjaga agar darah tidak kembali ke jantung.

Pembuluh nadi yang paling besar disebut aorta. Pembuluh ini berpangkal pada bilik kiri jantung. Pembuluh ini membawa darah yang kaya oksigen. Dalam tubuh ada juga aorta yang keluar dari bilik kanan jantung. Pembuluh ini membawa darah yang kaya karbondioksida menuju paru-paru.

2) Pembuluh balik (vena)

adalah pembuluh yang membawa darah menuju jantung. Letaknya dekat permukaan kulit dan tampak kebiru-biruan. Dinding pembuluh tipis dan tidak elastis. Denyutnya tidak terasa dan mempunyai katup di sepanjang pembuluh yang berfungsi agar aliran darah berlangsung satu arah.

Pembuluh balik terdiri atas pembuluh balik tubuh berasal dari seluruh tubuh menuju serambi kanan jantung dan pembuluh balik paru-paru yang berasal dari paru-paru kiri dan kanan. Keduanya bersatu menuju ke serambi kiri jantung. Pembuluh balik tubuh mengangkut darah yang kaya karbondioksida. Sedangkan pembuluh balik paru-paru mengangkut darah yang kaya oksigen.

3) Pembuluh kapiler

Ujung pembuluh nadi yang terkecil dan ujung pembuluh balik yang terkecil dihubungkan oleh pembuluh darah kapiler. Pembuluh darah ini sangat halus, letaknya tersebar di seluruh tubuh berhubungan langsung dengan sel-sel tubuh.

Baca juga: