Pembelajaran Remedial

Pembelajaran Remedial

Pembelajaran Remedial

  1. Pengertian Remedial

      Remedial berasal dari kata remedy artinya: obat, memperbaiki, menolong,. Pembelajaran remedial adalah suatu yang bersifat mengobati, menyembuhkan, membuatnya lebih baik lagi bagi peserta didik yang hasil belajarnya masih dibawah standar yang telah ditetapkan oleh guru atau sekolah. Latar belakang pembelajaran remedial adalah:

  1. Adanya perbedaan peserta didik dalam menangkap dan menyerap materi pembelajaran
  2. Adanya tuntutan belajar tuntas yaitu pendekatan dalam pembelajran yang memprersyaratkan peserta didik menguasai secara tuntas seluruh standar kompetensi maupun kompetensi dasar mata pelajaran.
  3. Tujuan dan Prinsip Pembelajaran Remedial

      Tujuan pembelejaran remedial adalah: 2) peserta didik bias lebih memahami dirinya, khususnya prestasi belajarnya, dapat mengenal kelemahannya dalam mempelajari materi pelajaran dan juga kekuatannya, 2) peserta didik dapat memperbaiki atau mengubah cara belajar kea rah yang lebih baik, 3) peserta didik dapat memilih materi dan fasilitas belajar secara tepat, 4) peserta didik dapat mengembangkan sikap dan kebiasaan yang dapat mendorong tercapainya hasil belajar yang lebih baik, 5) peserta didik dapat melaksanakan tugas-tugas belajara yang diberikan kepadanya, setelah ia mampu mengatasi hambatan-hambatan yang menjadi penyebab kesulitan belajarnya, dan dapat mengembangkan sikap serta kebiasaan yang baru dalam belajar.

  1. Fungsi Pembelajaran Remedial
  2. Fungsi korektif
  3. Fungsi pemahaman
  4. Fungsi pengayaan
  5. Fungsi penyesuaian
  6. Fungsi akselerasi
  7. Fungsi terapeutik
  8. Sasaran Pembelajaran Remedial
  9. Kemampuan mengingat relatif kurang
  10. Perhatian yang sangat kurang dan mudan terganggu dengan sesuatu yang lain disekitarnya pada saat belajar
  11. Secara relative lemah kemampuan memahami secara menyeluruh
  12. Kurang dalam hal memotivasi diri dalam belajar
  13. Kurang dalam hal kepercayaan diri dan rendah harapan dirinya
  14. Lemah dalam kemammpuan memecahkan masalah
  15. Sering gagal dalam menyimak suatu gagasan dari suatu informasi
  16. Mengalami kesulitan dalam memahami suatu konsep yang abstrak
  17. Gagal menghubungkan suatu konsep dengan konsep lainnya yang relevan
  18. Memerlukan waktu relative lebih lama dari pada yang lainnya untuk menyelesaikan tugas-tugas.
  19. Metode Pembelajaran Remedial

Kegiatan remedial direncanakan dan dilakasanakan berdasarkan kebutuhan individu atau kelompok peserta didik. Dalam melaksanakan pembelajaran remedial dapat menerapkan berbagai metode sesuai dengan kesulitan yang dihadapi dan tingkat kemampuan peserta didik dan menekankan pada segi kekuatan yang dimiliki peserta didik.

  1. Prosedur Pelaksanaan Pembelajaran Remedial

Pembelajaran remedial dilaksanakan setelah pengajaran biasa, pembelajaran remedial berbeda dengan proses belajar mengajar biasa dalam segi:

  1. Tujuan
  2. Strategi
  3. Bahan
  4. Langkah-langkah Pembelajaran Remedial
  5. Mengidentifikasi kesulitan peserta didik
  6. Analisis hasil diagnosis kesulitan belajar
  7. Menentukan penyebab kesulitan
  8. Menyususn rencana kegiatan remedial
  9. Melaksanakan kegiatan remedial
  10. Menilai kegiatan remedial

Sumber: https://blog.fe-saburai.ac.id/seva-mobil-bekas/