Pakan Entok Murah Fermentasi Ampas Tahu, Bisakah Cepat Besar dan Bertelur?

Pakan Entok Murah Fermentasi Ampas Tahu, Bisakah Cepat Besar dan Bertelur?

Fermentasi Ampas Tahu Dijadikan Pakan Tunggal ?

Namun sebelum membahas kembali pemberian fermentasi ampas tahu untuk pakan entok, perlu diketahui ampas tahu tidak dapat dijadikan pakan tunggal. Artinya kita tidak dapat memberikan pakan berupa fermentasi ampas tahu saja, untuk hasil maksimal memang harus dicampur dengan bahan pakan ternak murah lainnya.  Seperti yang telah ditulis dalam artikel sebelumnya, pemberian pakan entok murah dari fermentasi ampas tahu adalah salah satu alternative terbaik. Hal tersebut perlu dilakukan oleh peternak entok dalam menghemat pengeluaran pakan ternak entok, agar mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan.

 

Memang ternak entok kita dapat bertahan hidup dengan hanya memakan satu jenis makanan saja, namun hasilnya bisa dipastikan kurang memuaskan atau tidak maksimal. Dan bukan hanya ternak entok saja, mengkombinasikan bahan pakan ternak murah untuk hasil maksimal juga berlaku untuk budidaya atau ternak lainnya (baik unggas seperti bebek dan ayam atau hewan besar seperti sapi dan kambing

Kita dapat mencari bahan pakan ternak murah bernutrisi baik selain ampas tahu disekitar kita, contohnya bungkil kacang, kedelai BS, katul jagung, ampas bir dan masih banyak lagi. Atau kita juga dapat membuat sendiri sumber bahan pakan protein berkualitas istimewa, seperti larva lalat BSF yang bisa kita kultur atau ternak sendiri dirumah. Informasi tentang larva lalat BSF dapat kita baca dihalaman ini : Teknik Menghemat Pakan Unggas Dengan Manggot Lalat BSF

Saatnya kembali kedalam judul kita diawal tadi, bisakah entok atau unggas kita dapat cepat besar dan bertelur dengan pemberian fermentasi ampas tahu? Jawabnya tentu saja bisa, namun harus dicampur atau kombinasikan dengan bahan pakan lain seperti yang telah disampaikan tadi. Jika dijadikan makanan tunggal, hasilnya kurang maksimal.

Bahan Pakan Protein Tinggi Murah Untuk Campuran Pakan Fermentasi Ampas Tahu

 Untuk membuat pakan entok agar cepat besar dan bertelur diperlukan pakan ternak yang memiliki kandungan protein nabati atau hewani tinggi. Karena entok merupakan unggas, sudah cukup dengan kandungan protein hewani saja. Sebagai contoh alternative sumber protein hewani yang murah adalah dengan mencampur larva lalat BSF, atau usus ayam (bisa kita dapatkan ditempat pemotongan ayam)

Untuk mendapatkan larva lalat BSF ini, kita memang dapat membelinya. Namun karena tujuan kita adalah mendapatkan bahan pakan ternak entok / unggas murah, ternak lalat BSF adalah solusinya. Berarti ternak untuk pakan ternak ya? Kenapa tidak! Larva lalat BSF relative mudah diternak dan sebagian besar limbah organic dapat digunakan untuk pakan larva tersebut.

Sumber: https://dosenpendidikan.id/