NAMA-NAMA KITAB SUCI ALLAH DAN RASUL YANG MENERIMANYA

NAMA-NAMA KITAB SUCI ALLAH DAN RASUL YANG MENERIMANYA

NAMA-NAMA KITAB SUCI ALLAH DAN RASUL YANG MENERIMANYA

NAMA-NAMA KITAB SUCI ALLAH DAN RASUL YANG MENERIMANYA
NAMA-NAMA KITAB SUCI ALLAH DAN RASUL YANG MENERIMANYA

Pada dasarnya, Allah menurunkan kitab suci kepada para nabi dan rasul. Kitab suci adalah kumpulan wahyu (firman) Allah swt. Malaikat Jibril yang bertugas untuk menyampaikan wahyu dari Allah kepada para rasul, Kitab suci berisi ajaran-ajaran agama yang dapat dijadikan pedoman hidup bagi umat manusia agar tercapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat kelak.

Sebagai orang yang beragama Islam, kita wajib mengimani kitab-kitab suci yang diturunkan Allah kepada rasul-Nya. Beriman kepada kitab-kitab Allah merupakan rukun iman yang ketiga. Dalam kitab suci berisi penjelasan tentang keesaan Allah, peraturan baik dan buruk, kisah masa lalu, peringatan dan kabar gembira.

Ada empat kitab suci yang Allah turunkan kepada para rasul, yaitu :

Kitab Zabur

Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud a.s.. Kitab ini adalah kitab yang mengajarkan petunjuk dan wahyu-wahyu Allah swt..

Kitab Taurat

Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa a.s.. Isi ajaran kitab Taurat, yaitu tentang syariah atau hukum-hukum Allah. Bahasa yang digunakan dalam kitab Taurat adalah bahasa Ibrani.

Kitab Injil

Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa a.s.. Kitab ini dijadikan pedoman untuk menyembah kepada Allah swt. oleh Bani Israil juga sebagai pembenar atas ajaran-ajaran kitab-kitab sebelumnya.

Kitab Al-Qur’an

Al-Qur’an merupakan kitab suci yang terakhir. Ajaran yang terkandung di dalamnya merupakan penyempurna atas kitab-kitab sebelumnya, yaitu kitab Zabur, Taurat, dan Injil. Oleh karena itu, kita wajib melaksanakan ajaran yang terkandung dalam Al-Qur’an. Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari (+ 23 tahun). Peristiwa turunnya wahyu Al-Qur’an pertama kali disebut Nuzulul Qur’an. Al-Qur’an berisi 30 juz, 114 surat, dan 6.236 ayat.

Kita wajib mempercayai keempat kitab suci yang diturunkan Allah kepada para nabi dan rasul. Walaupun ada beberapa Wahyu Allah yang diturunkan kepada nabi dan tidak dibukukan. Misalnya, wahyu-wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Ibrahim a.s. yang disebut suhuf Ibrahim. Kitab suci Al-Qur’an harus kita pelajari dengan cara membaca, menghafal, dan memahami isi kandungan serta berusaha mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Antara kitab suci dan suhuf memiliki persamaan juga perbedaan. Persamaannya adalah kitab suci dan suhuf sama-sama wahyu Allah untuk dijadikan pedoman hidup manusia, sedangkan perbedaannya adalah kitab suci merupakan kumpulan wahyu yang dibukukan untuk disampaikan kepada umat manusia, sedangkan suhuf adalah kumpulan wahyu Allah dalam bentuk lembaran-lembaran.

Sumber: https://www.catatanmoeslimah.com/2016/05/30-doa-doa-harian-terlengkap-beserta-artinya.html