Menata Ruang Tamu Sempit agar Terlihat Luas

Tidak semua orang memiliki rumah yang luas. Jika ruang tamu Anda tidak terlalu luas, jangan marah dengan disketnya. Ruang tamu Anda juga bisa dimodifikasi agar terlihat luas dan nyaman.

Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa ruang tamu merupakan salah satu elemen terpenting sebuah rumah. Di ruang tamu ini, pertama-tama Anda akan menginjak kaki Anda setelah kembali dari kantor atau ruangan pertama yang dilewati tamu.

Berhubung ruang tamu Anda terbatas ukurannya, Anda perlu mencari cara untuk menata ruang tamu yang sempit ini agar terlihat lapang dan rapi. Anda tidak ingin tamu Anda meninggalkan kesan yang tidak menyenangkan setelah mengunjungi rumah Anda.

Simak tips mendekorasi ruang tamu yang selain terlihat lebih luas tapi juga nyaman.

Simpan barang yang tidak perlu

Jika terdapat berbagai barang di ruang tamu, sebaiknya mulai memilah barang-barang yang menurut Anda tidak diperlukan. Sesuai dengan fungsi barang-barang ini, pilihlah barang-barang ini untuk ruang tamu Anda dengan cara yang berguna dan visual.

Anda dapat menyimpan beberapa majalah untuk penunjang estetika, sedangkan barang lainnya (seperti file yang tidak terpakai atau majalah lama yang terlihat rusak) diletakkan di atas meja di ruang tamu, dan Anda dapat menyimpannya di ruang penyimpanan atau gudang.

Jika sisa item tidak cocok untuk Anda gunakan di masa mendatang, Anda dapat menjual atau mendaur ulang item tersebut.

Pasang spion di lokasi strategis

Pemasangan cermin kerap digunakan para desainer untuk memberikan kesan luas pada sebuah ruangan. Anda juga bisa melakukan ini di ruang tamu Anda sendiri.

Pasang cermin di sisi berlawanan dari sofa. Jika memungkinkan, pasang cermin di dekat jendela ruang tamu. Cermin nantinya akan memantulkan cahaya luar yang masuk melalui jendela.

Gunakan area dinding ruang tamu

Jika Anda memiliki furnitur yang memakan banyak ruang dan merasa tidak cukup ruang, Anda dapat memanfaatkan area dinding untuk menyimpan beberapa barang.

Anda dapat memasang rak apung untuk menyimpan barang-barang yang sebelumnya disimpan di atas meja. Dengan memindahkan barang-barang tersebut ke jalan layang, Anda dapat menata ulang beberapa barang dan furnitur yang ada untuk menyesuaikannya dengan kondisi baru.

Anda juga bisa memasang lampu gantung atau lampu dinding sebagai sumber cahaya di ruang tamu.

Dengan meja kecil

Sebaiknya gunakan meja kecil di ruang tamu. Karena bobotnya yang ringan, Anda dapat dengan mudah memindahkan meja kecil dari satu titik ke titik lainnya. Selain itu, meja kecil tidak akan memakan banyak ruang di ruang keluarga Anda, sehingga Anda bisa menggunakan bagian lain untuk akses jalan raya atau barang lainnya.

Meski begitu, Anda harus menyesuaikan tingkat aktivitas dan intensitas untuk mengenal diri sendiri di ruang tamu. Pilih meja, dan meja tersebut tidak boleh terlalu kecil untuk ruangan dengan intensitas yang cukup tinggi untuk kedatangan tamu. Meja ini tidak terlalu kecil, akan berfungsi dengan baik saat Anda menyediakan makanan ringan atau minuman untuk tamu di rumah.

Sofa penyimpanan atau lemari pakaian kecil

Jika Anda tidak dapat mengeluarkan barang dari ruang tamu, lemari kecil atau sofa penyimpanan mungkin menjadi pilihan terbaik Anda.

Sekarang Anda bisa memesan banyak meja penyimpanan untuk ruang keluarga yang sempit. Dengan bantuan meja geser bagian bawah, Anda dapat dengan mudah menyimpan item di sini.

Desain keren lainnya: Jasa Arsitek Lampung

Pada saat yang sama, jika Anda tidak tertarik dengan sofa penyimpanan, Anda dapat menggunakan lemari pakaian kecil sebagai pilihan penyimpanan. Letakkan lemari pakaian kecil Anda di pojok ruang tamu agar terlihat serasi dengan furnitur di sekitarnya. Lemari pakaian berukuran kecil ini juga bisa memudahkan Anda dalam menyimpan barang-barang kesayangan.

Sudah siap menata ulang ruang tamu sederhana di rumah Anda agar terlihat lebih nyaman dan luas?

Semoga tips sederhana ini bisa membantu Anda membuat ruang tamu yang sempit terlihat lebih lega, lebih lega dan lebih nyaman.