MANFAAT ORGANISASI INTERNASIONAL

MANFAAT ORGANISASI INTERNASIONAL

MANFAAT ORGANISASI INTERNASIONAL

Berdasar karkteristik

organisasi internasional tidak dapat dipisahkan dari kerja sama setiap anggota organisasi tersebut. Organisasi internasional dan kerja sama internasional memiliki beberapa poin instantif yang dapat dijelaskan melalui indikator.

Ketika proses kerja sama berlangsung secara komprehensif yang pembentukan struktur kelembabagaanya jelas, komposisi alat kelengkapan dan organ utama, serta mekanisme pengambilan keputusan dilandaskan nilai hukum, maka kerja sama internasional menjadi organisasi internasional yang lebih kooperatif dan birokratif.

Bentuk kerja sama internasional dalam suatu organisasi internasional itu dapat dibagi menjadi tiga bagian, kerja sama bilateral, kerja sama regional dam kerja sama multilateral. Ketiga bentuk kerja sama ini juga memiliki pengertian yang berbeda-beda, seperti berikut.

  1. Kerja sama bilateral merupakan kerja sama yang dijalankan dua negara dalam bentuk diplomatik misalnya, pendidikan, kebudayaan, dan perdagangan.
  2. Kerja sama regional adalah kerja sama yang dilakukan oleh beberapa negara dalam suatu wilayah atau kawasan tertentu, tujuannya demi mencukupi kebutuhan bersama, seperti ekonomi, politik dan pertahanan.
  3. Kerja sama multilateral, ini merupakan kerja sama yang dilakukan oleh beberapa negara yang fokus dengan masalah yang terjadi di dunia, termasuk dalam negara-negara anggotanya, kerja sama ini contohnya seperti Perserikatan Bangsa Bangsa atau PBB.

Menyusul langkah yang dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku tersebut, maka tidak heran apabila organisasi internasional yang dijalankan itu membawa dampak atau manfaat bagi sebuah negara yang menjadi anggota organisasi tersebut, seperti diantaranya.

1). Saling menguntungkan masing-masing negara dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi.

2). Mewujudkan ketertiban dan kedamaian dunia.

3).  Mampu menanggulangi hal-hal yang dikhawatirkan dapat merusak budaya.

5).Peningkatan kualitas di bidang IPTEK

6). Peningkatan di sektor penjagaan dan keamanan negara.

7). Mempererat hubungan antara negara satu dan yang lainnya (secara khusus anggota organisasi).

8).  Saling menghormati ideologi negara (anggotaorganisasi).


Sumber: https://jpjeunet-siteofficiel.com/planetstorm-apk/