Macam-macam Umpan Mancing Buatan

Macam-macam Umpan Mancing Buatan

Macam-macam Umpan Mancing Buatan

Macam-macam Umpan Mancing Buatan
Macam-macam Umpan Mancing Buatan

Ingin tahu apa sajakah macam-macam umpan mancing buatan? Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak sekali jenis umpan mancing buatan telah banyak dikembangkan. Ada umpan yang sengaja diperuntukkan guna memancing di perairan asin (saltwater), namun tidak sedikit pula umpan tiruan yang diproduksi khusus untuk dipakai di perairan tawar (freshwater).

Minnow

Umpan ini dinamakan minnow karena wujudnya dibuat mirip ikan minnow. Lure ini bisa digunakan di perairan tawar dan asin dengan hasil yang cukup efektif, terutama untuk memburu ikan yang sedang kelaparan. Umpan minnow biasanya terbuat dari metal, kayu, plastik, atau kombinasi dari banyak sekali material. Ada empat tipe minnow yaitu floating type, shallow type, sinking type, dan deep type.

Jig

Dalam bahasa inggris, jig berarti menari dengan irama yang sangat cepat. Umpan ini disebut jig alasannya ialah dalam penggunaannya umpan harus dinaikturunkan dan digoyang-goyangkan dengan gerakan yang cepat. Umpan ini umumnya dibuat dari material timah yang memiliki berat jenis lebih besar daripada besi. Agar kelihatan menarik, jig selalu dihiasi dengan karet, skirt, dan bulu binatang. Terdapat tiga jenis jig antara lain tell-weighted jig, centre-weighted jig, dan jig head.

Konahead

ikan hiu megalodon – Bentuk umpan ini sekilas mirip sekali dengan cumi-cumi. Paling pas apabila umpan ini dikombinasikan dengan teknik trolling. Target ikan yang sering kali diincar menggunakan umpan konahead misalnya ikan tuna dan ikan layaran.

Popper

Popper merupakan umpan tiruan yang dapat berenang di permukaan air. Uniknya ketika umpan ini ditarik, maka akan muncul bunyi cipratan air yang khas. Hal ini diklaim dapat meningkatkan potensi umpan dimakan oleh ikan bidikan. Bahan baku pembuatan popper yaitu kayu dan plastik. Macam-macam popper di antaranya chugger, pencil, dan stickbait.

Spoon

Umpan ini umumnya terbuat dari sendok sehingga disebut spoon/spun. Seiring dengan berjalannya waktu, pembuatan spoon dilakukan secara khusus menggunakan logam lain, tetapi bentuknya masih mempertahankan konsep awal. Spoon termasuk umpan tiruan yang bersifat fleksibel alasannya ialah bisa digunakan untuk memancing ikan permukaan dan ikan dasaran.

Squid

Squid ialah umpan yang dibuat spesial untuk memancing cumi-cumi. Pada umumnya, umpan ini dibentuk mirip udang-udangan yang berukuran kecil. Sementara itu, pembuatan squid biasanya dilakukan menggunakan material plastik.

Spinner

Spinner memiliki bab yang dapat berputar. Bagian tubuh utamanya berbentuk spoon yang dilengkapi dengan bulu-bulu. Putaran dari bab blade dapat menghasilkan dengung bunyi atau getaran tertentu. Hal inilah yang bisa menarik perhatian ikan-ikan di sekitarnya untuk datang mendekati umpan tersebut.