Langkah Kegiatan III Implementasi Gernbang NAND

Langkah Kegiatan III Implementasi Gernbang NAND

Sistem logika biasanya melibatkan lebih dari satu gerbang yang membentuk suatu kombinasi untuk melakukan suatu fungsi tertentu. Sebangai contoh kombinasi sederhana dari sebuah gerbang AND dan sebuah gerbang Not yang akan di sajikan pada langkah – langkah kegiatan yang di gabungkan dengan Rangkaian gerbang OR  Kemudaian bagaimana gerbang – gerbang tersebut akan di terapkan menjadi IC sesuai dengan gerbang – gerbang yang di gunakan.

Pada gambar di  bawah ini akan di jelaskan. Bagaimana impelemetasi gerbang NAND dari kombinasi gerbang AND, OR dan NOT. Suatu contoh permasalah di bawah ini akan di buat kombinasi gerbang dan implementasi gerbang NAND.

Gambar, 36  pemilihan Gerbang atau IC yang digunakan

            Dari gambar di atas kita dapat mengetahui bagaimna gambar tersebut menerapkan suatu pemilihan gerbang yang akan di gunakan dan model IC yang di gunakan, adapun IC itu memiliki pilihan – pilihan berapa imputan yang akan di gunakan seperti contoh tipe IC 7408 (Quad 2-in AND) adalah type 2 inputan untuk gerbang AND.

Gambar 37, Rangkaian Kombinasi gerbang dan Model IC

            Dari gambar di atas kita dapat mengetahui rangkaian kombinasi gerbang logic dan IC yang belum di masukkan suatu inputan.

Gambar 38, semua Imputan Bernilai 1

                        Dari gambar di atas kita dapat mengetahui semua inputan di atas itu bernilai 1 dan lampu nya menyala, ini membuktikan bahwa dari hasil kombinasi di atas itu menghasil kan output 1. Rankaian di atas itu membutuhkan 3 model gerbang dan ini cukup boros untuk proses kinerja suatu gerbang yang di rancang, dari itu kita akan menerapkan suatu implementasi gerbang NAND yang hanya cukup mengguankan 1 gerbang saja, seperti gambar di bawah ini.

Gambar 39, implementasi gerbang NAND

            Dari gambar di atas kita dapat mengetahui suatu implementasi Gerbang NAND dari beberapa gerbang yaitu AND, OR dan NOT. Implementasi itu berfungsi untuk mempermudah dan menghemat gerbang karna penggunaan tiga model gerbang itu lebih boros dari penggunaan satu model gerbang. Setelah di konversikan hasil nya pun sama seperti yang di jelaskan pada gambar berikutnya. Dengan adanya model penerapan inpelemtnasi gerbang maka perusahaan akan mengirit biaya untuk perancangan model IC, dan juga dapat memperkecil suatu desing yang di gunakan.

sumer :

https://bingo.co.id/sky-force-apk/