Kehidupan Satwa Liar Terganggu/Rusak

Kehidupan Satwa Liar Terganggu/RusakKehidupan Satwa Liar TergangguRusak

Hutan yang awalnya sebagai tempat hidup satwa liar akan mengalami perubahan ketika terjadi kebakaran. Sebagai dampak pada kehidupan satwa liar dari kerugian akibat kebakaran hutan adalah satwa tersebut akan mati bahkan punah apabila hutan tersebut sebagai tempat makhluk hidup yang langka (Sila & Nuraeni, 2009).

7. Makanan Ternak Menjadi Rusak   

Dampak negatif akibat kebakaran hutan membuat makanan ternak yang terdapat di dalamnya menjadi rusak. Dampak ini merupakan dampak yang berpengaruh secara tidak langsung. Kebakaran yang terjadi menimbulkan berkurangnya kerapatan vegetasi makanan ternak sebab akar tanaman menjadi hangus terbakar (Sila & Nuraeni, 2009).
8. Mengurangi Fungsi Lindung Hutan

Dampak negatif dari kebakaran hutan tentunya membuat fungsi lindung hutan menjadi berkurang. Fungsi lindung yang dimaksud adalah keberadaan serasah padan permukaan tanah sehingga melindungi tanah dari kejadian erosi (Sila & Nuraeni, 2009). Selain itu, fungsi lindung hutan sebagai pencegah banjir juga akan berkurang karena pohon yang ada di dalamnya terbakar sehingga hutan tersebut tidak lagi menyerap air sesuai dengan fungsinya sehingga dapat menimbulkan kebanjiran apabila terjadi hujan yang sangat deras.

9. Fungsi Lain dari Hutan Menjadi Rusak
Fungsi lain yang dimaksud adalah sebagai pelindung dari pemukiman masyarakat sekitar hutan. Ketika terjadi kebakaran hutan maka kemungkinan dapat juga membakar pemukiman warga yang berada disekitar hutan (Sila & Nuraeni, 2009).
10. Lingkungan Hidup Manusia Menjadi Rusak
Dampak negatif ketika terjadi kebakaran hutan selanjutnya adalah kerugian yang dapat dirasakan manusia secara langsung. Hal ini terjadi karena berhubungan dengan lingkungan manusia. Ketika hutan terbakar maka akan membuat lingkungan menjadi tercemar. Salah satu dampak tersebut terlihat ketika lingkungan dipenuhi asap yang tebal sehingga mempengaruhi jarak pandang bahkan pernapasan manusia. Adanya asap dari kebakaran hutan tentunya akan membuat lingkungan menjadi tidak bersih terutama pada udara.
11. Terjadinya Bencana Ekonomi
Selain dari 10 dampak negatif sebelumnya, dampak terakhir ini bisa dijadikan sebagai dampak terakhir dari kerugian yang telah ada. Glauber, et al. (2016) menjelaskan bahwa pemerintah telah mencatat kebakaran yang terjadi selama Juni-Oktober 2015 sekitar 2,6 juta ha lahan serta hutan terbakar. Dari kebakaran tersebut diperkirakan telah menelan biaya ekonomi sekitar 221 triliun rupiah.
Sumber: https://kaosfullprint.co.id/microsoft-konon-kembangkan-tablet-andromeda-ini-keunggulannya/