Inilah Sejarah Universitas Sriwijaya

Inilah Sejarah Universitas Sriwijaya

Inilah Sejarah Universitas Sriwijaya

Inilah Sejarah Universitas Sriwijaya
Inilah Sejarah Universitas Sriwijaya

Hari ini, 26 September 2019 direncakan Rektor Unsri Porf Dr Ir H Annis Saggaf MSCE

dilantik Menristekdikti di Jakarta. Sejumlah ucapan di media dan papan ucapan selamat di kampus kampus sudah bermunculan. Selamat rektor baru. Selamat Atas Dilantiknya Porf Dr Ir H Annis Saggaf MSCE 2019-2023. Ada papan kecil ada juga papan besar yang di sandingkan dekat pagar Security bus pemberangkatan Unsri.

Banyak pihak tentunya yang bergantung kepada kampus ini. Untuk menjadin kampus unggulan dalam semua bidang. Kampus ideal proporsional antara jumlah dosen dan mahasiswanya. Kampus yang prestise dan berprestasi.

Dan ada baiknya kita mengenal sejarah Unsri. Diketahui, Ide untuk memiliki sebuah perguruan tinggi di Sumatera

Selatan telah ada sejak awal tahun 1950-an. Hal ini dicetuskan dalam suatu kesempatan resepsi perayaan hari Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1952.

Pemrakasanya beberapa orang pemuka masyarakat. Dan kemudian menjelma menjadi kesepakatan untuk membentuk “Panitia Fakultet Sumatera Selatan”.

Menjelang akhir Agustus 1952, dengan berbagai pertimbangan, ditetapkan bahwa yang pertama akan didirikan

adalah fakultas ekonomi. Untuk itu dibentuklah “Panitia Fakultet Ekonomi Sumatera Selatan” yang dikelola oleh suatu yayasan yang didirikan pada tanggal 1 April 1953 dengan nama “Yayasan Perguruan Tinggi Syakhyakirti”.

Pembukaan Fakultas Ekonomi secara resmi di bawah Yayasan Perguruan Tinggi Syakhyakirti ini dilakukan pada tanggal 31 Oktober 1953 dalam suatu acara yang dihadiri oleh Mr. Hadi, Sekretaris Jenderal Kementrian Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan (PPK), Drg. M. Isa (Gubernur Sumatera Selatan), Bambang Utoyo (Panglima TT II Sriwijaya) dan Ali Gathmyr (Ketua DPRD Sumatera Selatan).

 

Baca Juga :