Indikator Keberhasilan Pemasangan Set Net

Jenis-Jenis Set Net

Indikator Keberhasilan Pemasangan Set Net

Indikator Keberhasilan Pemasangan Set Net
Indikator Keberhasilan Pemasangan Set Net

downloadaplikasi.co.id – Metode pengoperasian set net untuk jenis Trap net dan jenis set net Pot net dibagi kedalam dalam dua tahapan, tahapan pertama memasang rangka dan jaring di daerah penangkapan terpilih dan tahapan ke dua adalah mengangkat hasil tangkapan.

Sedangkan untuk jenis Fyke net, Barrier net dan jenis Sero pengoperasiannya dilakukan dengan cara memasang langsung kemudian setelah beberapa lama dilakukan pengambilan hasil tangkapan.

Cara pemasangan rangka untuk set net jenis Trap net dan jenis set net Pot net adalah dengan cara membawa semua bagian rangka seperti bagian rangka utama yang telah dilengkapi pelampung, pelampung utama, pelampung rangka dan pemberat rangka ke tempat di mana set net akan dipasang, setelah sampai di daerah penangkapan terpilih, pelampung rangka utama di set menetap dengan pemberat, kemudian rangka set net diset sampai bentuknya sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Penyetelan bentuk rangka set net dilakukan dengan cara memasang dan menyetel kedudukan permberat. Setelah rangka terbentuk dengan sempurna, jaring utama seperti bagian jaring serambi, bagian daun pintu, bagian jaring menaik luar dan dalam, bagian jaring kantong dan perlengkapan lainnya dipasang dengan cara digantungkan pada tali rangka utama kemudian dilakukan pemasangan jaring bagian penaju.

Pemasangan penaju di sesuaikan dengan arah mana ikan yang beruaya ke tempat di mana set net dipasang. Untuk gerombolan ikan atau arah maya ikan yang hanya datang dari sebelah kiri, pemasangan bagian kantong berada di sebelah kanan dan ujung penaju disambungkan dengan daun pintu bagian jaring menaik atau daun pintu sebelah kanan.

Untuk gerombolan ikan atau arah maya ikan yang hanya datang dan sebelah kanan, pemasangan bagian kantong berada di sebelah kiri dan ujung penaju disambungkan dengan daun pintu bagian serambi atau daun pintu sebelah kiri.

Untuk gerombolan ikan atau arah maya ikan yang datang dari kedua arah atau dari sebelah kiri dan kanan, pemasangan bagian kantong bisa disebelah kiri, atau di sebelah kanan atau dipasang di sebelah kiri dan kanan dengan ujung penaju dipasang di bagian tengah dari pintu masuk atau di bagian tengah mulut jaring.

Dalam metode operasinya selain menunggu ikan atau menunggu gerombolan ikan memasuki jaring, ada juga set net yang dalam pengoperasinya memakai alat bantu cahaya pengumpul ikan – light fishing untuk menuntun gerombolan ikan ke bagian kantong.

Pengangkatan jaring bagian kantong biasanya dilakukan satu kali dalam sehari yaitu pada pagi hari. Pengangkatan bagian kantong yang dilakukan secara manual, menentukan tenaga manusia yang banyak sedangkan yang dilakukan dengan mempergunakan alat bantu seperti mesin pengangkat jaring – net hauler dan mesin penarik tali – line hauler, pengangkatannya bisa dilakukan oleh beberapa orang.

Pengangkatan jaring atau pengambilan hasil tangkapan untuk jenis set net trap net yang dilengkapi dengan beberapa alat penditeksi ikan yang dipasang dibagian kantong, pengangkatan jaring tidak lagi dilakukan seperti sebelumnya yaitu satu hari satu kali pada pagi hari melainkan dilakukan setelah mendapatkan informasi keberadaan dan jumlah ikan yang ada di dalam kantong dari receiver yang dipantau di daratan. Dengan demikian sistim penggunaan set net seperti ini menjadi jauh lebih efektif dan efisien.

Daerah penangkapan ikan

Penentuan daerah penangkapan ikan – fishing ground untuk pemasangan set net harus memperhitungkan faktor – faktor yang antara lain: Keberadaan dan arah maya ikan, Faktor oseanografi, Lingkungan di sekitarnya, Faktor pendukung dan Faktor lainnya.

Keberadaan dan arah ruaya ikan

Pemasangan set net di daerah penangkapan harus betul-betul dipasang di tempat yang sebelumnya sudah dilakukan penelitian tentang keberadaan dan arah maya dari satu atau beberapa jenis ikan.

Keberadaan satu atau beberapa jenis ikan dan arah maya ikan dan tiap jenis ikan merupakan faktor penentu utama yang akan menentukan keberhasilan usaha penangkapan dengan set net.

Jenis ruaya ikan dalam sistim perikanan set net dibedakan kedalam dua jenis yaitu maya utama dan maya cabang.

Ruaya utama adalah perairan yang dilewati oleh gerombolan ikan yang jaraknya biasanya jauh dart perairan pantai, sedangkan maya cabang adalah perairan yang dilewati gerombolan ikan yang keluar dan maya utarna menuju ke perairan pantai.

Di negara Jepang, penangkapan ikan dengan menggunakan set net banyak dilakukan di hampir seluruh perairan pantai, Perairan pantai di Jepang umumnya mempunyai daerah maya ikan utama yang kemudian ikan yang beruaya di daerah maya utama banyak yang beruaya ke perairan pantai untuk tujuan yang berbeda menurut jenisnya.

Tujuan beruayanya ikan dari satu tempat ke tempat lain diantaranya: Ikan tuna, yellow tail, sarden, mackerel, salmon, king salmon dan beberapa jenis ikan lainnya, secara periodik datang beruaya ke perairan pantai melewati maya yang selalu menetap.

Ikan salmon beruaya ke perairan pantai dengan tujuan untuk melakukan adaptasi sebelum menaiki sungai tempat di mana ikan salmon dilahirkan untuk melakukan reproduksi. Ikan yellow tail mempunyai sifat selalu keluar dari maya utamanya kalau ada teluk atau bemaya ke perairan pantai kalau ada perubahan cuaca atau perubahan kondisi perairan.

Ikan hering, mackerel dan sejenisnya beruaya ke perairan pantai untuk melakukan reproduksi. Sarden dan sejenisnya beruaya ke perairan pantai selain untuk melakukan reproduksi, secara berkala selalu beruaya ke perairan pantai sesuai musim.Ikan horse mackerel dan sejenisnya di pagi dan sore hari selalu beruaya ke perairan pantai.

Penentuan arah maya ikan di perairan pantai atau di perairan yang dangkal bisa dilakukan dengan cara mengamati dari daerah yang tinggi sedangkan untuk perairan yang dalam dilakukan dengan cam memperhatikan gerak dan gerombolan burung burung laut yang terbang di atas perairan, dengan cara menyelam, dengan kamera bawah air atau diamati dengan video bawah air atau bisa juga dengan mempergunakan jaring insang – gill net.

Seiring dengan kemajuan teknologi, pengamatan dan penentuan arah maya ikan sudah banyak dilakukan dengan mempergunakan fish finder atau sonar yang arah jangkauannya Iebih luas dan Iebih dalam.

Luasan perairan yang harus diamati untuk menentukan daerah penangkapan untuk set net sekurang-kurangnya mencapai radius 3 – 4 km dan perairan yang akan dijadikan tempat pemasangan set net. Lama pengamatan paling sedikit selama satu bulan dalam satu musim dan sedikitnya diperlukan empat musim yaitu pada musim barat, musim peralihan barat ke timur, musim timur dan pada musim peralihan timur ke barat.

Metode penggunaan fish finder

Fish finder atau sonar untuk mendiktesi keberadaan atau arah maya ikan bisa dilakukan dengan dua cara yaitu:

Dilakukan dari atas kapal sambil kapal berjalan atau dilakukan dengan cara dipasang di beberapa titik di perairan yang akan dijadikan tempat pemasangan set net.

Gerombolan ikan yang dimasuki set net umumnya ikan yang sedang melakukan migrasi seperti migrasi untuk mencari makan – feeding migration, migrasi untuk melakukan reprodusi – spawning migration dan migrasi untuk tujuan lainnya.

Faktor Oseonografi

Faktor oseanografi yang harus diperhatikan untuk pemasangan set net diantaranya adalah: kedalaman, arus, gelombang dan dasar perairan.

Faktor Lingkungan di sekitar daerah penangkapan

Lingkungan yang banyak mempengaruhi keberhasilan usaha penangkapan dengan set net diantaranya adalah: Teluk, Muara sungai, Pengunungan, Hutan, Padang lamun, Terumbu karang, Upwelling dan Lainnya.

 

Baca juga artikel lainnya tentang: