Rencana PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
Munculnya permasalahan
Berbekalkan kejujuran dan kesadaran tersebut, untuk mengidentifikasi masalah, guru dapat mengajukan pertanyaan berikut kepada diri sendiri.
- Apa yang terjadi di kelas saya ?
- Masalah apa yang ditimbulkan oleh kejadian itu ?
- Apa pengaruh masalah tersebut bagi kelas saya ?
- Apa yang terjadi jika masalah itu dibiarkan ?
- Apa yang dapat saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut atau memperbaiki situasi yang ada ?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut guru perlu merenung atau melakukan refleksi tentang apa yang terjadi di dalam kelas. Refleksi akan selektif jika setiap guru mempunyai pemahaman/kesadaran yang tinggi akan fungsi pembelajaran dan jujur terhadap diri sendiri., Jika setelah menjawab pertanyaan tersebut guru sampai kepada kesimpulan bahwa ia memang menghadapi masalah dalam bidang tertentu, berarti ia sudah berhasil mengidentifikasi masalah.
Jika masalah sudah teridentifikasi,
mungkin muncul pertanyaan, masalah mana yang mungkin dipecahkan melalui PTK ? apakah semua masalah layak dipecahkan melalui PTK ? Untuk menjawab pertanyaan ini, rambu-rambu berikut ini yang biasa dijadikan pegangan, Bidang yang layak dijadikan fokus PTK adalah :
- yang melibatkan kegiatan belajar mengajar,
- yang mungkin ditangani oleh guru,
- yang sangat menarik minat guru, serta
- yang ingin diubah/diperbaiki oleh guru. (Mills, 2000)
Berdasarkan rambu-rambu tersebut, maka kita dapat menetapkan masalah yang akan kita jadikan fokus Penelitian Tindakan Kelas. Udah dulu yaaah sobat semua, dah cape ngetiknya hehehe…. mari kita lanjutkan Blogwalking lagi….. Semangat…!!!!!
Baca Juga Artikel Lainnya :
- Pengertian, Langkah, Kelebihan & Kekurangan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)
- Langkah-langkah Sistematis Problem Solving
- Pengertian Menulis Rangkuman, Langkah-langkah beserta Contoh Soal UN
- Pengertian, Unsur, Syarat Berita yang Baik dan Contoh Soal UN