HDMI vs. DisplayPort: Mana yang terbaik untuk monitor 4K, HD dan gaming?

HDMI vs. DisplayPort: Mana yang terbaik untuk monitor 4K, HD dan gaming?

 

HDMI vs. DisplayPort Mana yang terbaik untuk monitor 4K, HD dan gaming
HDMI vs. DisplayPort Mana yang terbaik untuk monitor 4K, HD dan gaming

Keputusan, keputusan. Berkenaan dengan mengaitkan PC ke layar (atau memilih layar untuk mendapatkan), salah satu hal terakhir yang Anda perlukan untuk dihalangi adalah pilihan asosiasi mana yang Anda butuhkan.

Lebih jauh, sebenarnya, banyak orang yang terlalu banyak berpikir – pada umumnya tidak ada bedanya. Bisa ketika kemajuan baru mulai mencakup, misalnya, ketika HD sedang membersihkan jalur untuk 4K. Meskipun demikian, pada saat itu Anda sebagian besar tidak memiliki keputusan; misalnya, saat ini, 8K hanya berfungsi dengan DisplayPort 1.4.

Untuk penggunaan yang bermanfaat secara universal – dan acara 4K yang soliter tidak pernah lagi merupakan kasus yang tidak biasa – pada saat itu tidak ada bedanya. Anda mungkin lebih bahagia dengan HDMI,ketika semua dikatakan selesai, pada dasarnya mengingat fakta bahwa layar dengan DisplayPort (DP) meskipun HDMI secara umum akan semakin mahal.

Bagaimanapun, jika Anda salah satu dari situasi tepi di mana Anda perlu mempertimbangkannya – untuk bermain

game, pekerjaan dasar yang teduh, perjalanan bisnis, atau pengaturan multimonitor – berikut adalah beberapa aturan.

Dongles kadang-kadang merupakan kejahatan yang perlu, tetapi hindari jika Anda bisa.
Dongles kadang-kadang merupakan kejahatan yang perlu, tetapi hindari jika Anda bisa.
Di jalan
Jika Anda bepergian untuk bisnis dan perlu melampirkan ke layar di berbagai area, ini jarak HDMI (dan bentuk umumnya tidak memiliki efek apa pun). Itu adalah tipe asosiasi yang paling tidak terhindarkan. Anda mungkin perlu menjamin bahwa PC Anda juga berfungsi dalam asosiasi HDMI perkiraan penuh ; sementara Anda dapat memanfaatkan USB-C-to- HDMI atau skala kecil HDMI -to- HDMI dongle, mereka apa-apa tapi sulit untuk kehilangan dan Anda akan memilih untuk tidak pergi melalui awal 20 menit dari pengumpulan Anda waktu mengejar untuk satu. Selain itu, PC mana pun yang cukup ringan untuk dibawa kemana pun kemungkinan besar tidak memiliki asosiasi DP, bagaimanapun juga.
Sedang bermain
Untuk bermain game … ugh. Benar-benar tidak ada jawaban sederhana, karena itu membuka situasi “AMD versus Nvidia versus bukan satu atau yang lain”. Jika Anda baru saja mendapatkan layar dengan konektor DP dan kartu ilustrasi yang terkoordinasi, pada saat itu gunakan DP, pada dasarnya mengingat fakta bahwa itu memberi Anda banyak pendekatan untuk merancang serbaguna yang menyegarkan. Jika Anda berusaha untuk memilih layar, HDMI adalah keputusan keuangan yang diambil dengan baik, namun jika Anda memiliki DP, Anda akan memiliki lebih banyak pilihan jika Anda berniat naik ke kartu ilustrasi lain atau sertakan GPU luar lebih cepat daripada lambat. DP jelas lebih baik jika Anda memiliki kartu Nvidia dan perlu memanfaatkan G-Sync; FreeSync mungkin lebih baik daripada DP juga.

Pekerjaan warna
Untuk pekerjaan dasar arsiran, gunakan DP 1.4. Kecepatan transfernya yang lebih tinggi menunjukkan bahwa ini memerlukan lebih sedikit (atau tidak ada) tekanan naungan, khususnya pada 4K.
Banyak monitor
Untuk pengaturan multimonitor, Anda mungkin ingin (atau perlu) keduanya. Tergantung pada kartu grafis Anda, Anda mungkin hanya memiliki satu dari masing-masing jenis koneksi, dan jika Anda dipaksa untuk rantai daisy DP itu dapat membatasi opsi resolusi. (Untuk pengaturan multi-komputer – menghubungkan dua komputer ke satu monitor – jenis koneksi lebih penting daripada fitur-fitur monitor.)

Putuskan sendiri
Namun, jika Anda ingin mengambil keputusan sendiri, berikut beberapa pertimbangan untuk dipertimbangkan:

Jika suatu elemen memerlukan bentuk tertentu dari salah satu ukuran, itu menyiratkan bahwa layar dan kartu ilustrasi memerlukannya. Seolah-olah, jika kartu desain Anda menggunakan DP 1.4 namun layar Anda adalah DP 1.2, Anda tidak akan mendapatkan HDR.

DP 1.2 dan backings yang mengikat daisy, memungkinkan Anda untuk mendorong lebih dari satu layar dari asosiasi hasil soliter. Jumlah layar bergantung pada tujuan mereka dan kemungkinan besar Anda akan membutuhkan splitter atau titik pusat. Namun, ini tidak ditegakkan, jadi periksa spesifikasi layar.

DP yang lebih kecil dari biasanya, biasanya ditemukan pada PC, dan mode alt USB-C adalah DP 1.2; USB-C dengan dukungan alt-mode adalah penerus dari Mini DP.

Acara HDR membutuhkan DP 1.4 atau HDMI 2.0a (atau lebih baru). Di sisi ilustrasi kartu yang menyiratkan

pengaturan Nvidia GeForce GTX 1050 (yaitu Pascal) dan AMD Radeon RX 400 atau lebih kartu terbaru. (Pengaturan RTX Nvidia mendukung HDMI 2.0b, yang merupakan hal mendasar untuk menampilkan Hybrid Log Gamma HDR, yang sekarang sangat signifikan sekarang jika Anda mengubah video HDR.)

Saat ini, 8K membutuhkan dua asosiasi DP 1.4 untuk 60Hz atau asosiasi soliter untuk 30Hz. Juga, kerangka binatang.

Inovasi penyesuaian serbaguna membantu menyinkronkan hasil laju selubung pengalihan dengan tingkat penyegaran layar untuk menangkal barang antik sekilas seperti robek (di mana Anda dengan cepat mengamati komponen dua sisi sementara itu). Dengan tujuan akhir dari pilihan ini, Anda benar-benar perlu menyadari bahwa AMD FreeSync berfungsi baik untuk HDMI maupun DP, sedangkan G-Sync Nvidia hanya bekerja di atas DP. Bagaimanapun, Nvidia G-Sync tidak berfungsi melalui USB-C (terlepas dari kenyataan bahwa itu sebenarnya DP) mengingat fakta bahwa USB tidak secara khusus dikaitkan dengan prosesor ilustrasi.

HDMI praktis termasuk semua pada layar saat ini – yaitu, di setiap ruang pertemuan di seluruh – sementara DP

umumnya hanya dapat diakses di ujung yang lebih tinggi, model yang semakin mahal.

Mulai hari ini, tidak ada layar atau kartu desain yang memiliki keterkaitan dengan HDMI 2.1 yang canggih yang menopang tingkat penguatan variabel konvensional (yaitu, akan bekerja dengan TV), sasaran di atas 5K dan Dynamic HDR. Beberapa kartu desain akan mendapatkan pembaruan firmware untuk memberdayakan dukungan, terlepas dari itu.

Jika kerangka kerja Anda tidak memiliki ilustrasi diskrit, kemungkinan besar hanya memiliki asosiasi HDMI , bagaimanapun juga.

Sumber:

http://www.unmermadiun.ac.id/sewulan/index.php/2020/05/seva-mobil-bekas/