Fungsi Tataniaga Penyimpanan dan Standardisasi

Fungsi Tataniaga Penyimpanan dan Standardisasi

Fungsi Tataniaga Penyimpanan dan Standardisasi

 

Fungsi Tataniaga Penyimpanan dan Standardisasi

 

Tujuan Pokok Standardisasi

Tujuan pokok sebuah standar ideal adalah untuk membantu konsumen dalam memberitahu produsen apa yang menurutnya diinginkan dalam sebuah produk tertentu yang dihasilkan.

Standardisasi produk-produk pertanian

adalah sebuah metode untuk membedakan produk-produk guna memenuhi keinginan konsumen yang beraneka ragam.

Sistem standarisasi bertujuan untuk membedakan produk dengan suatu cara tertentu sehingga konsumen yang beraneka ragam dapat disediakan untuk semua sesuai dengan yang akan mereka bayar.

 

Fungsi Penyimpanan

perlukan dalam pemasaran, terutama untuk komoditi yang bersifat musiman, misalnya hasil pertanian. Penyimpanan menciptakan “time-utility” ( kegunaan waktu).

Tujuan penyimpanan

adalah memperlakukan barang secara fisik guna menjamin tersedianya barang pada waktu dan tempat yang dibutuhkan ,serta mengurangi fluktuasi harga yang berlebihan dan menghindari serangan hama dan penyakit selama proses pemasaran berlangsung.

 

Jenis Penyimpanan ada dua,

penyimpanan yang dilakukan secara umum, yaitu : 1. Penyimpanan yang dilakukan untuk menyamakan produksi tahunan dengan pola permintaan, 2. Avertebrata Penyimpanan sepanjang waktu dalam saluran-saluran perdagangan yang perlu untuk menjaga sistem pengoperasian tanpa ada gangguan.