Dampak Positif Dan Negatif Penggunaan Bahan Pengawet

Dampak Positif Dan Negatif Penggunaan Bahan Pengawet

  1. Dampak Positif
  2. a)Agar makanan atau minuman yang diberi bahan pengawet lebih tahan lama.
  3. b)Melindungi makanan dari bakteri atau jamur.
  4. c)Agar makanan atau minuman tetap terlihat segar.
  5. d)Agar baud an rasa makanan maupun minuman tersebut tidak berubah.
  6. Dampak Negatif
  7. a)Kalium nitrit dapat menyebabkan keracunan apabila digunakan secara berlebihan. Selain itu zat ini dapat menimbulkan anemia, sesak nafas, sakit kepala, dan radang ginjal.
  8. b)Kalium propionat dapat menimbulkan migren dan kesulitan tidur apabila digunakan secara berlebihan.
  9. c)Di dalam tubuh, natamysin ini juga bersifat toksin atau racun sehingga bahan pengawet ini dilarang untuk dicampurkan ke dalam produk makanan atau minuman baik sedikit maupun banyak. Natamysin dapat menimbulkan gangguan pencernaan yang menyebabkan orang tersebut mual dan muntah-muntah dan dapat menimbulkan luka pada selaput kulit.
  10. d)Kalium asetat juga merupakan racun bila masuk ke dalam tubuh. Untuk memperoleh rasa asam, makanan atau minuman umumnya ditambahi pengawet ini. Kalium asetat dapat menyebabkan rusaknya fungsi ginjal karena zat ini sulit dikeluarnkan oleh ginjal.
  11. e)BHA merupakan pengawet semacam antioksidan sintetis. Pengawet ini digunakan untuk menghindari makanan dari rasa tengik (warna dan rasa berubah) akibat makanan teroksidasi oksigen. BHA dapat menjadi karsinogen penyebab kanker apabila dikonsumsi berlebih.
  12. f)Asam benzoate apabila digunakan secara berlebihan dapat menghambat enzim pencernaan untuk sementara waktu dan menurunkan kadar glisin. Selain itu zat ini juga dapat mengganggu pernafasan khususnya pada penderita asma.
  13. g)Dalam jangka pendek (akut) bila tertelan formalin ,maka mulut, tenggorokan dan perut terasa terbakar, sakit menekan, mual, muntah dan diare, dapat terjadi pendarahan, sakit perut hebat, sakit kepala, hipotensi, (tekanan darah rendah), kejang, tidak sadar hingga koma. Disamping itu ,formalin menyebabkan kerusakan jantung, hati, otak, limpa, pankreas, sistem saraf pusat dan ginjal. Jangka panjang (kronik)mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung formalin.

sumber :

Pixel Survival World – Online Action Survival Game 92 Apk + Mod