Contoh Teks Ekplanasi

Contoh Teks Ekplanasi

Contoh Teks Ekplanasi

Contoh Teks Ekplanasi
Contoh Teks Ekplanasi

 

a. Contoh Teks Ekplanasi perihal fenomena sosial

URBANISASI

(Pernyataan Umum)

Akhir – simpulan ini jumlah penduduk di kota – kota besar, ibarat Jakarta mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Kenaikan jumlah penduduk ini disebabkan oleh sebuah fenomena sosial yang terjadi belakangan ini, yaitu Urbanisasi. Fenomena inilah yang menjadikan laju pertumbuhan penduduk yang tidak terbendung, sehingga sanggup menjadikan beberapa permasalahan – permasalahan yang timbul di kota besar. Lalu, apakah Urbanisasi itu, dan faktor – faktor apa saja yang mendorong fenomena sosial ini? Berikut ialah klarifikasi mengenai urbanisasi.

(Deretan Penjelas)

Urbanisasi ialah perpindahan penduduk dari desa menuju kota. Namun, berbeda dengan perspektif ilmu pengetahuan, Urbanisasi dipandang sebagai presentase jumlah penduduk yang tinggal di perkotaaan. Perpindahan penduduk ini dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu migrasi dan mobilitas penduduk. Migrasi ialah perpindahan penduduk dari desa menuju kota untuk tujuan menetap. Sedangkan, mobilitas penduduk ialah perpindahan penduduk dari desa ke kota hanya untuk tinggal sementara. Urbanisasi migrasi inilah yang menjadi penyebab utama melonjaknya jumlah penduduk di tempat perkotaan. Perpindahan penduduk yang sangat massive ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor pendorong dan faktor penarik.

Faktor pendorong ialah penyebab urbanisasi yang berasal dari desa itu sendiri. Faktor – faktor tersebut diantaranya, yang pertama lahan pertanian yang semakin sempit. Menyempitnya lahan pertanian di desa menjadikan orang – orang di desa tidak bisa lagi bekerja sehingga mengharuskan mereka untuk mencari pekerjaan lain di luar desa. Yang kedua ialah terbatasnya sarana dan prasarana di desa. Ketiadaan sarana dan prasarana ini menjadikan masyrakat desa merasa kesulitan dalam banyak sekali hal, kesannya mereka merasa perlu mencari tempat yang mempunyai sarana dan prasarana lengkap, yaitu di kota. Dan yang terakhir ialah ketidak cocokan dengan budaya tempat asal. Masyarakat desa yang tidak cocok dengan budaya asal mereka terpaksa harus ke luar dari desa tersebut sehingga bisa hidup lebih nyaman.

Selain faktor pendorong, ada juga faktor penarik. Faktor ini ialah penyebab urbanisasi yang berasal dari kota. Ada beberapa penyebab yang menjadi faktor penarik, yaitu yang pertama ialah banyaknya lapangan pekerjaan di kota. Orang – orang desa yang pindah dari desa tujuan utamannya ialah mencari pekerjaan. Dengan begitu, kota ialah tempat yang paling sempurna lantaran di sana tersedia banyak lapangan pekerjaan. Kemudian, pandangan akan kehidupan kota yang lebih modern. Masyarakat desa yang bosan dengan kehidupan serba sederhana di desa akan beralih ke kota lantaran di sanalah kehidupan lebih modern dan juga ditunjang dengan kemudahan lengkap lainnya.

(Penutup)

Berdasarkan pembagian terstruktur mengenai di atas, sanggup disimpukan bahwa melonjaknya jumlah penduduk di perkotaan disebabkan oleh fenomena urbanisasi, yaitu perpindahan masyarakat desa menuju kota. Perpindahan ini sendiri disebabkan oleh faktor pendorong dan faktor penarik. Sebenarnya, urbanisasi ini ialah suatu fenomena yang positif bila masyarakat yang pindah ke kota mempunyai skill atau kemampuan khusus. Sebaliknya, bila tidak mempunyai skill dan kemampuan, urbanisasi ini hanya akan menjadikan duduk kasus sosial di perkotaan.

Baca Juga: