Coba 3 Tips Ini, Di Jamin Bisa Bikin Flashdisk Kamu Jadi Lebih Awet

Coba 3 Tips Ini, Di Jamin Bisa Bikin Flashdisk Kamu Jadi Lebih Awet

Coba 3 Tips Ini, Di Jamin Bisa Bikin Flashdisk Kamu Jadi Lebih Awet
Coba 3 Tips Ini, Di Jamin Bisa Bikin Flashdisk Kamu Jadi Lebih Awet

Meski saat ini media penyimpanan file sudah mulai bergeser ke sistem penyimpanan berbasis cloud seperti misalnya Dropbox, Google Drive, namun peran flashdisk sebagai media penyimpanan eksternal masih tetap menjadi favorit dan tak tergantikan.

Bagi mereka yang bekerja dengan menggunakan perangkat komputer, flashdisk menjadi kebutuhan dan aksesoris wajib yang di miliki guna memudahkan dalam hal penyimpanan data atau dokumen.
Muat Lebih

Cara Menyadap Hp Android, Benarkah Bisa dilakukan?2 Langkah Mudah Cara Mengunci Apl di Smartphone AndroidAkun Instagram Tidak Bisa Ganti Foto Profil, Begini Mengatasinya

Selain karena bentuknya yang lumayan kecil serta kapasitas ruang penyimpanan yang cukup besar menjadikan flashdisk ini sebagai media penyimpanan favorit.

Berbeda dengan fitur penyimpanan berbasis cloud yang harus ada koneksi internet untuk mengaksesnya, flashdisk cukup mudah di gunakan karena bisa di gunakan secara offline dan tanpa konesksi internet untuk mengakses ruang penyimpanannya.

Kendati demikian, karena seringnya di pakai perangkat penyimpanan data ini jadi sangat rentan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian coba agar perangkat flashdisk yang kalian gunakan bisa awet dan tahan lama.
Baca Juga : Agar Tak Kena Tipu, Yuk Kenali 4 Ciri-Ciri Toko Online Palsu Berikut Ini
Coba 3 Tips Ini, Di Jamin Bisa Bikin Flashdisk Kamu Jadi Lebih Awet

Meskipun harganya murah dan bisa di beli jika sudah rusak, namun kekhawatiran utama jika flashdisk adalah mengenai data yang ada di dalamnya. Jadi merawat dan menjaga flashdisk dengan baik juga bisa menyelamatkan data penting anda.

Lakukan Pemasangan dan Copot Flashdisk Dengan Benar

Ketika akan melakukan pemasangan atau mencolok flashdisk ke port

atau lubang colokan FD, pastikan untuk memasanganya dengan benar. Arahkan flashdisk anda sesuai dengan posisi port, jangan miring ataupun terbalik.

Begitu pula ketika akan melepas atau mencopotnya. Selalu gunakan fitur pencopotan aman yang disediakan oleh sistem komputer dengan mengklik nama folder FD lalu pilih “Safely Remove Hardware”.

Selain itu, hindari pencopotan secara langsung ketika flashdisk sedang di gunakan atau dalam proses membaca (read) atau menulis (write).

Jangan Edit File Secara Langsung dari Flashdisk

Baca Juga : Cara Jual Barang di Facebook Agar Cepat Laku, Mudah dan Cepat

 

Flashdisk memang di desain mempunyai umur atau masa pakai yang cukup lama, yakni antara 10.000 hingga 100.000 proses dalam membaca dan menulis.

Karena itu, guna memperpanjang umur dan masa pakai perangkat penyimpanan eksternal ini, hindari untuk mengedit file langsung dari flashdisk.

Sebaiknya, salin atau copy terlebih dahulu file yang akan di edit ke perangkat komputer/laptop, setelah semua proses editing selesai anda boleh menyalinnya dan menyimpannya kembali ke flashdisk.

Hindarkan Dari Medan Magnetik

Beberapa benda elektronik yang ada dirumah atau di sekitar kita diketahui memiliki

medan magnet cukup kuat, misalnya kipas angin, televisi, pengeras suara, home theatre.

Hindari untuk menaruh atau meletakkan flashdisk anda di dekat benda-benda elektronik yang sudah disebutkan diatas.

Pasalnya, medan magnet yanga terdapat dalam peralatan eletronik rumah tangga dapat berdampak pada komponen flashdisk.

Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka flashdisk akan lebih cepat rusak dan masa pakai juga akan lebih cepat dari seharusnya.

 

Baca Juga :