Ciptakan Siswa Unggul dan Berkarakter

Ciptakan Siswa Unggul dan Berkarakter

Ciptakan Siswa Unggul dan Berkarakter

Ciptakan Siswa Unggul dan Berkarakter
Ciptakan Siswa Unggul dan Berkarakter

SMAN Dayeuhkolot memiliki visi dan misi untuk menciptakan seluruh siswa memiliki karakter

dan berahlak mulia.

Kepala Sekolah SMAN Dayeuhkolot Reny Damayanti mengatakan, para siswa disini didik untuk bisa kreatif, aktif, dan mandiri. Sehingga, akan mampu menjadi insan cerdas dan memiliki budi pekerti.

’’Kita sudah sejak lama menekankan itu, dan Alhamdulillah siswa-siswi disini tidak pernah satupun memiliki permasalahan,”jelas Reni ketika ditemui di ruang kerjanya kemarin (7/2)

Menurutnya, pola pendidkan di SMA Dayeuhkolot secara umum memiliki kesamaan dengan sekolah lain berdasarkan kurikulum yang diterapkan pemerintah. Namun, dengan penekanan pendidikan karakter diharapkan dapat mendidik seluruh siswa menjadi lebih baik.

Dirinya mencontohkan, penekatan pada nilai agama wajib dilaksanakan oleh seluruh siswa

dengan mengajak membaca Alquran sebelum belajar selama 15 menit. Selain itu, bila waktu shalat tiba seluruh siswa harus menjalankannya kecuali bagi siswi yang behalangan.

’’ Ini sudah emnjadi rutinitas setiap hari disini membaca Alquran dan shalat Duhur berjamaah sangat dianjurkan,”kata Reni.

Dirinya mengatakan, penekanan pada rutinitas keagamaan ini akan dipantau dengan mengisi kehadiran. Dengan begitu, mau tidak mau siswa-siswi akan patuh untuk mengikutinya.

“ Ini semata-mata pihak sekolah ingin membekali anak-anak dengan nilai nilai agama islam,”ucap dia.

Selain itu, SMAN Dayeuhkolot mempunyai program unggulan dengan peningkatan standar

kompetensi lulusan (SKL) yang berbasis Informasi Teknologi (IT) dengan penekanan pada mata pelajaran matematika dan bahasa inggris dasar.

Hal ini, bertujuan untuk meningkatan kemampuan siswa pada mata pelajaran yang selalu dianggap paling sulit. Sehingga, ketika melaksanakan ujian nasional para siswa tidak ragu dan takut menghadapi kedua mata pelajaran tersebut.

Untuk memberikan wawasan gliobal, lanjut dia. Pihaknya menerapkan pola prilaku bersosial dengan memberikan pola pendidikan tentang kepedulian terhadap teman, keluarga, dan masyarakat.

Reny menambahkan, SMAN Dayeuhkolot memiliki peserta didik 1.240 siswa yang terbagi menjadi 30 rombongan belajar dengan tenaga pendidik 62 PNS dan Non PNS. Dengan fasilitas, diantaranya ruang Laboratorium Fisika, Kimia, Perpustakaan dan lainnya.

“Untuk mengejar target SKL, khususnya bagi Siswa Kelas XII sering melakukan simulasi UNBK. Karena, kami ingin meningkatkan mutu dan nilai kelulusan UN bagi semua siswa SMAN Dayeuhkolot,” tambahnya

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan semua siswa SMAN Dayeuhkolot mengikuti sekitar 19 pendidikan ekstrakulikuler dengan bidang unggulan adalah literasi.

’’Kita memiliki 60 siswa yang sudah menjadi duta literasi. Setiap anak diberi pelatihan karya tulis, mulai bentuk senderhana sampai lisensi buku. Satu siswa sudah berhasil menciptakan buku,’’ ujar Reni.

 

Sumber :

https://egriechen.info/