Ciptakan Jiwa Wirausaha Muda, SMA Darul Hikam Gelar Seminar Kewirausahaan

Ciptakan Jiwa Wirausaha Muda, SMA Darul Hikam Gelar Seminar Kewirausahaan

Ciptakan Jiwa Wirausaha Muda, SMA Darul Hikam Gelar Seminar Kewirausahaan

Ciptakan Jiwa Wirausaha Muda, SMA Darul Hikam Gelar Seminar Kewirausahaan
Ciptakan Jiwa Wirausaha Muda, SMA Darul Hikam Gelar Seminar Kewirausahaan

Sekolah Menengah Atas (SMA) Darul Hikam menggelar Seminar Kewirusahaan dan Market Day

yang bertemakan “Pengusaha Muslim Berakhlaq dan Berprestasi” di SMA Darul Hikam Jalan Tubagus Ismail kota Bandung, Senin (29/1).

Di dalam kegiatan Seminar Kewirausahaan SMA Darul Hikam mengundang Pemilik Nyonya Soewardono Catering Rita Siswati, dan pemilik Evoy Production yang membuka penyewaan kostum dan cosplay teh Apoy, dalam rangka menumbuhkan semangat dan keinginan berkreatifitas siswa-siswi untuk menjadi pengusaha kedepannya.

Ketua Pelaksana Seminar Kewirausahaan dan Market Day Novera Yuliana mengatakan,

kegiatan ini bertujuan untuk menimbulkan jiwa wirausaha di anak muda khususnya siswa-siswi Darul Hikam, bahkan kegiatan Market ini juga sebagai aplikasi siswa-sisiwj dari pembekalan yang diberikan dalam seminar kewirausahaan.

“Setelah diberi pembekalan dalam seminar mereka langsung melakukan simulasi, yakni bagaimana transaksi jual beli dalam Islam, seperti adanya akad, antara penjual dan pembeli kemudian kalau ada unsur menipu atau membohongi itu seperti apa dalam aspek hukum islam,” kata Novera.

Selanjutnya ia menjelaskan, dalam kegiatan Market Day ini ada sekitar 10 Stand

lebih yang diisi oleh masing-masing kelas 10 dan 11 SMA Darul Hikam, ada yang menjual barang seperti tas dan yang lainnya, menjual jasa foto, dan juga makanan.

Untuk tema Market Day tahun ini juga bertajuk Nusantara, sehingga makanan yang disajikan harus berasal dari daerah di Indonesia.

“Produk yang dijual yaitu bebas ada produk makanan jasa dan barang kalau untuk jasa salah satunya adalah foto boot itu Pake polaroid, seperti foto keliling kemudian yang lainnya yakni makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia,” katanya.

Dalam proses Market Day ini juga, siswa-siswi langsung mempraktekan dari teori yang diberikan saat seminar, bahkan mereka mempunyai cara tersendiri dalam memasarkan penjualannya, seperti menggunakan media pemasaran yakni banner, mikrofon, dan yang lain sebagainya.

“Ini namanya pelajaran langsung praktikum sangat penting karena ketika kita memahami teori tidak langsung praktek itu akan menguap begitu saja tapi ketika mereka Langsung pengalaman langsung diharapkan dapat membekas dan menjadi bakal dan bisa menemukan ketertarikan mereka untuk mengambil jurusan dan cita-cita di karir yang akan datang,” pungkasnya.

 

Baca Juga :