Berbagai Teknologi Interface Telematika

Berbagai Teknologi Interface Telematika

Berbagai Teknologi Interface Telematika

Berbagai Teknologi Interface Telematika
Berbagai Teknologi Interface Telematika

Sejujurnya saya memang tertarik dengan yang namanya telematika maupun segala hal yang berhubungan dengan telematika. Entah mengapa begitu mendengar istilah tersebut saya langsung memiliki keinginan untuk menggali lebih dalam tentangnya. Saat ini telah ditemukan berbagai teknologi yang berkaitan dengan interface telematika. Yang ingin saya tahu itu adalah istilah seperti Head-Up Displays systems, Tangible user Interface, Computer vision, Browsing audio data, Speech recognation, Speech synthesis.

Semua istilah tersebut belum saya pahami dengan baik ketika pertama kali saya mendengarnya. Untuk itu saya ingin memberikan beberapa penjelasan mengenai teknologi interface telematika yang sudah saya browsing di dunia maya.

Head Up Display (HUD)

HUD merupakan sebuah tampilan transparan yang menyajikan data tanpa perlu meminta pengguna untuk melihat dari sudut pandang biasanya. Awalnya Head up Display ini dikembangkan untuk penerbangan militer tetapi sekarang sudah digunakan dalam pesawat terbang komersil, mobil dan aplikasi lainnya. Sebuah HUD tetap mengharuskan pengguna untuk melihat elemen layar pada badan pesawat maupun chasis kendaraan. Sistem menentukan gambar yang akan disajikan tergantung pada orientasi kendaraan. Helmet Mounted Displays (HMD) merupakan bentuk teknis dari HUD yang menampilkan elemen tampilan bergerak dengan orientasi kepala pengguna terhadap badan pesawat. Salah satu contoh pesawat tempur modern yang menggunakan HUD dan HMD adalah F/A-18, F-22, Eurofighter.

Ada 3 generasi dalam teknologi yang digunakan Head Up Display :

  1. Generasi Pertama

Menggunakan CRT untuk menghasilkan sebuah gambar pada layar fosfor, memiliki kelemahan dari degradasi dari waktu ke waktu dari lapisan layar fosfor. Mayoritas HUDs beroperasi saat ini adalah dari jenis ini.

  1. Generasi Kedua

Menggunakan sumber cahaya padat misalnya LED, yang dimodulasi oleh sebuah layar LCD untuk menampilkan gambar. Ini menghilangkan memudar dengan waktu dan juga tegangan tinggi yang dibutuhkan untuk sistem generasi pertama. Sistem ini pada pesawat komersial.

  1. Generasi Ketiga

Menggunakan waveguides optik untuk menghasilkan gambar secara langsung dalam Combiner daripada menggunakan sistem proyeksi.

Faktor-faktor dalam merancang Head Up Display :

  • Bidang penglihatan
  • Eyebox
  • Terang / kontras
  • Menampilkan akurasi
  • Instalasi

Sumber : https://sam-worthington.net/