Belanja iklan di media digital capai Rp9,3 triliun

Belanja iklan di media digital capai Rp9,3 triliun

Belanja iklan di media digital capai Rp9,3 triliun

Belanja iklan pada media digital berkontribusi Rp9,3 triliun pada periode Juli 2018-Juni 2019, menurut Nielsen Advertising Intelligence (Ad Intel).

Executive Director Nielsen Media untuk Indonesia Hellen Katherina

mengatakan, angka itu menyumbang enam persen dari total belanja iklan yang juga termasuk televisi, cetak dan radio yang mencapai Rp165 triliun selama 12 bulan terakhir.

“Iklan di media digital dilirik? Didorong semata-mata karena bertumbuhnya kepemilikan smartphone,” kata dia dalam diskusi media di Jakarta, Rabu.

Selain itu, meningkatnya waktu yang konsumen habiskan mengkonsumsi internet secara signifikan dari sekitar 2,5 jam menjadi lebih dari tiga jam dalam tiga tahun terakhir juga menjadi alasan.

“Media digital diperhitungkan pemilik merek, sebagai salah satu pilihan membelanjakan anggaran iklan mereka,” tutur Hellen.

Baca juga: Iklan media massa menurun, Komisi Konsumen Australia serukan regulasi konten digital

Untuk sampai pada temuan ini, Nielsen melibatkan sekitar 17 ribu orang berusia

di atas 10 tahun yang tinggal di 11 kota besar. Mereka juga survei 15 stasiun televisi nasional, 99 judul surat kabar, 120 judul tabloid dan majalah, 104 stasiun radio, top 200 besar website.

Di sisi lain, data menunjukkan, media televisi masih mendominasi dengan porsi belanja iklan sebanyak 83 persen, meski mengalami perlambatan pertumbuhan.

Tahun ini pertumbuhan belanja iklan televisi yakni enam persen

sementara di tahun sebelumnya 13 persen.

Berkaca pada data tersebut, Hellen belum bisa mengatakan adanya perpindahan budget iklan dari media kovensional ke media digital.

 

Baca Juga :