Bahasa Pasaran

Bahasa Pasaran

Bahasa Pasaran
Bahasa Pasaran

 

Ada hal lain, terpisah dari pemindahan dan peminjaman bahasa

dalam beberapa jenis dapat bercampur dengan yang lainnya, yaitu dengan proses penciptaan baru dari dua atau lebih jenis yang sudah ada. Perpaduan jenis ini dapat menghasilkan bentuk yang berbeda. Termasuk di dalamnya penciptaan dari kata bantu buatan, seperti Esperanto dan Bahasa Inggris Dasar ( pada Bolinger 1975 : 580 ). Walau begitu, sejauh ini perwujudan terpenting adalah proses dari penciptaan  bahasa pasaran, dimana bahasa pasaran diciptakan. Ini adalah jenis-jenis yang diciptakan untuk kepraktisan dalam komunikasa, dimana orang-orang yang tidak memiliki bahasa umum dan belajar satu sama lain dalam berkomunikasi  tergantung pada cara menerima, cara berkomunikasi anatara masyarakat yang satu dengan yang lainnya ( sebuah penelitian yang baik dengan topik ini didiskusikan pada buku De Camp 1977 ).

 

  Sejak alasan untuk berkomunikasi antar masyarakat sering diperbincangkan

bahasa pasaran dapat disebut sebagai Bahasa Perhubungan, tetapi tidak semua dibatasi sebagai bahasa perhubungan. Meskipun begitu, bahasa dari beberapa kelompok ( masyarakat ) di daerah dapat digunakan oleh penduduk lain sebagai bahasa perhubungan. Seperti halnya di utara-barat Amazon, Tukano adalah bahasa salah satu dari  dua puluh suku yang terdapat disana, namun bahasa tersebut digunakan sebagai bahasa perhubungan oleh suku-suku lain. Sam halnya dengan bahasa Inggris dan bahasa Prancis yang secara luas digunakan sebagai bahasa perhubungan di beberapa bagian Afrika. Berbanding terbalik dengan bahasa lain, bahasa pasaran dalah satu jenis khusus yang diciptakan untuk tujuan berkomunikasi dengan kelompok lain, dan tidak digunakan oleh sejumlah masyarakat untuk berkomunikasi diantara mereka.

 

Istilah bahasa pasaran banyak banyak diperkirakan oleh orang-orang berasal dari kata bisnis bahasa Inggris.

Sebagai kata ganti dalam bahasa Inggris pasaran yang berkembang di china. Ada banyak jenis bahasa pasaran yang tersebar di benua-benua termasuk Eropa, dimana para pekerja imigran di negara Jerman telah mengembangkan bahasa pasaran mennurut bahasa nasional setempat. Masing-masing bahasa pasaran tentu saja secara khusus dikembangkan atau diciptakan sesuai kebutuhan pemakai. Yang berarti bahwa ia harus memiliki peristilahan dan susunan yang dibutuhkan di berbagai macam percakapan yang muncul diantara masyrakat

 

Syarat lain dari bahasa pasaran adalah

dapat dipelajari sesederhana mungkin, khususnya pada orang-orang yang memperoleh keuntungan dengan mempelajarinya dan konsekuensinya dalam hal ini adalah kosakatanya pada umumnya berdasarkan pada kosakat grup dominan. Misalnya, suatu kelompok pekerja imigran di Jerman tidak akan mendapat banyak keuntungan dengan menguasai bahasa pasaran yang kosakatnya adalah bahasa Turki.

 

  Bahasa Inggris juga mempengaruhi banyak bahasa-bahasa keseharian

yang muncul di antara masyarakat yang tidak berbahasa Inggris. Bahasa Inggris pidgin (bahasa pasaran/ bahasa keseharian), digunakan di kepulauan Melanesia, Papua Nugini, Australia, Filipina, Hawai, dan di sepanjang pantai samudera pasifik, tumbuh seiring berkembangnya komunikasi antara masyarakat Cina dan para pedagang yg berbahasa Inggris. Masyarakat Cina mengadopsi banyak kata-kata dari bahasa Inggris, menciptakan makna-makna percakapan dengan menggunakan peralatan gramatika yang sederhana dan terhadap bahasa non-inggris, mereka hanya menyerap kata-kata yg dibutuhkan saja. Bêche-de-Mer, sebuah bahasa pasaran yang digunakan di bagian utara dan barat kepulauan Pasifik, merupakan bahasa pasaran yang terstruktur atas sebagian besar bahasa Inggris, kendatipun bahasa ini memasukan kata-kata dari bahasa orang-orang Polinesia. Jargon Chinoo digunakan sebagai sebuah lingua-franca (bahasa perhubungan/pergaulan /perantara) oleh penduduk asli America, Perancis, dan Inggris di bagian pantai pasifik Amerika Utara, bahasa ini memuat kata-kata dari bahasa Inggris, perancis dan bahasa asli Amerika. Struktur gramatika bahasa tersebut berdasarkan bahasa Chinook. Penggunaan bahasa Inggris Pasaran berkembang di Afrika, terutama di Kamerun, Sierra Leone dan Afrika Timur.

Sumber : https://www.mindstick.com/Articles/126240/how-to-prevent-air-and-soil-pollution