Awali 2019, Empat Departemen di ITS Siap Diakreditasi AUN-QA

Awali 2019, Empat Departemen di ITS Siap Diakreditasi AUN-QA

Awali 2019, Empat Departemen di ITS Siap Diakreditasi AUN-QA

Awali 2019, Empat Departemen di ITS Siap Diakreditasi AUN-QA
Awali 2019, Empat Departemen di ITS Siap Diakreditasi AUN-QA

Hingga saat ini, total sudah ada 12 program studi sarjana di 12 departemen di Institut Teknologi Sepuluh Nopember

(ITS) yang sudah mendapatkan akreditasi dari ASEAN University Network – Quality Assurance (AUN-QA). Mengawali tahun 2019 ini, ada empat lagi program studi sarjana dari empat departemen lainnya yang akan menyusul untuk diakreditasi, yakni Departemen Matematika, Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, Departemen Teknik Fisika, dan Departemen Teknik Sistem Perkapalan.

Rencananya, site visit keempat departemen tersebut oleh asesor AUN-QA akan dilaksanakan pada 30 Januari – 1 Februari 2019 mendatang. Dalam hal ini, Kantor Penjaminan Mutu (KPM) ITS berperan sebagai unit yang berwenang memfasilitasi masing-masing departemen untuk mendapatkan sertifikasi.

Kepala (KPM) ITS, Prof Dr Ir Aulia Siti Aisjah MT, menjelaskan beberapa tahapan

dari proses sertifikasi AUN-QA tersebut. Tahapannya adalah dari persiapan, pengumpulan dokumen SAR (Self-Assessment Report), site visit oleh para asesor, penilaian, dan pengumuman akhir untuk menentukan layak tidaknya mendapatkan sertifikasi.

Menurut perempuan yang kerap disapa Aulia ini, persiapan pembuatan dokumen SAR adalah tahapan yang paling memakan banyak waktu. Sebab, ada 11 kriteria yang meliputi Expected Learning Outcomes, Programme Specification, Programme Structure and Content, Teaching and Learning Approach dan Student Assessment. “Selain itu, ada pula penilaian mengenai Academic Staff Quality, Support Staff Quality, Student Quality and Support, Facilities and Infrastructure, Quality Enhancement dan Output,” paparnya.

BACA JUGA – CommTECH ITS Kenalkan Indonesia ke Dunia Luar

Kesebelas kriteria tersebut, lanjut Aulia, menyumbang total nilai 68 poin. Di mana bobot terbesar dimiliki oleh Academic Staff Quality, disusul Output, Student Assessment, serta Program Structure and Content. “Walaupun demikian, kita terus berupaya maksimal untuk memperbaiki semua hal, termasuk menggelar workshop berkala untuk semakin memantaskan diri,” tutur guru besar Teknik Fisika ini.

Pemilihan empat departemen yang akan diakreditasi pada awal tahun ini bukanlah tanpa alasan

. Dijelaskan Aulia, penentuan departemen mana saja yang akan mendapatkan akreditasi AUN-QA adalah atas usulan masing-masing dekan. “Usulan tersebut berdasarkan nilai yang didapatkan dari peta hasil Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), dan keempat departemen ini yang sudah siap,” terangnya

 

Baca Juga :