Astronom Tangkap Objek Melengkung di Pusat Bima Sakti

Astronom Tangkap Objek Melengkung di Pusat Bima Sakti

Astronom Tangkap Objek Melengkung di Pusat Bima Sakti
Astronom Tangkap Objek Melengkung di Pusat Bima Sakti

Tim astronom Amerika Serikat berhasil mendapatkan gambar baru sebuah objek

berbentuk melengkung di pusat galaksi Bima Sakti.

Menurut pernyataan yang dirilis Universitas California, Los Angeles (UCLA) pada Kamis (19/12), objek tersebut menyerupai permen tongkat dan merupakan sebuah struktur magnetik yang mencakup wilayah sangat luas sekitar 160 tahun cahaya.

Satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun, yang setara dengan hampir 9,6 triliun kilometer.

Lihat juga: Desember, Banjir Hujan Meteor hingga Gerhana Matahari Cincin

Gambar baru ini menunjukkan bagian dalam galaksi, yang menampung sekumpulan awan molekul raksasa terbesar dan terpadat di Bima Sakti, papar UCLA.

Awan besar dan sejuk ini mengandung gas dan debu padat yang cukup banyak untuk membentuk puluhan juta bintang seperti Matahari, kata Mark Morris, anggota tim peneliti yang berhasil merekam gambar tersebut.

Lihat juga: Penjelasan Sains soal Cincin Api Matahari di Langit Indonesia

“Permen tongkat ini adalah objek magnetik yang di dalamnya kita dapat benar-benar melihat garis medan magnet yang diterangi oleh emisi radio,” kata Morris. “Hal baru yang diungkapkan oleh gambar ini adalah bahwa salah satu filamen disimpulkan mengandung elektron-elektron berenergi sangat tinggi, yang asalnya masih menjadi topik menarik dan belum terpecahkan.”

Untuk menghasilkan gambar baru tersebut, para astronom menggunakan kamera 2 mm NASA yang disebut GISMO, berikut teleskop radio 30 meter yang berada di Pico Veleta, Spanyol.

 

Baca Juga :