Aplikasi dari Computer Vision

Aplikasi dari Computer Vision

Aplikasi dari Computer Vision

Aplikasi dari Computer Vision
Aplikasi dari Computer Vision

 Bidang aplikasi komputer visi medis atau pemrosesan gambar medis berguna untuk memperoleh ekstraksi informasi dari data gambar untuk tujuan membuat diagnosis medis pasien. Aplikasi ini juga mendukung penelitian medis dengan menyediakan informasi baru, misalnya tentang struktur otak, atau tentang kualitas perawatan medis.

  • Dalam bidang industri dikenal sebagai visi mesin, di mana informasi yang diekstraksi untuk tujuan mendukung proses manufaktur. Salah satu contohnya adalah pengendalian kualitas di mana detail atau produk akhir diperiksa secara otomatis untuk menemukan cacat.
  • Dalam bidang militer digunakan untuk deteksi musuh tentara atau kendaraan dan rudal. Lebih maju lagi, sistem mengirimkan rudal-rudal ke wilayah bukan target spesifik, dan target seleksi dibuat ketika rudal mencapai daerah didasarkan pada data gambar yang diperoleh secara lokal.

Speech recognition

Speech recognition atau yang dikenal juga sebagai pengenalan suara otomatis bekerja dengan mengkonversi kata yang diucapkan dengan teks. Pengenalan suara adalah sebuah sistem yang dilatih untuk pengguna tertentu sehingga seseorang dapat mengakui ucapan mereka berdasarkan suara vokal mereka yang unik.

Aplikasi speech recognition diantaranya :

  • “Call home”
  • “Call routing”
  • “domotic appliance control and content-based spoken audio search”
  • Entri data sederhana (misalnya memasukkan nomor kartu kredit)
  • penyusunan dokumen terstruktur (misalnya sebuah laporan radiologi)
  • pidato-untuk-pengolahan teks (misalnya pengolah kata atau email)
  • dalam pesawat terbang cockpits ( biasanya disebut Direct Voice Input)

Contoh Penerapan Speech Recognition dalam medis :

Front-End SR adalah tempat penyedia perintah ke mesin pengenalan ucapan, kata-kata yang dikenali ditampilkan tepat setelah mereka berbicara.

Back-End SR adalah penyedia perintah ke sistem dikte digital, dan suara yang disalurkan melalui pidato mesin pengakuan dan rancangan dokumen yang dikenali disalurkan bersama-sama dengan suara asli file.

  • Speech synthesis

Speech synthesis merupakan sebuah sistem komputer yang digunakan untuk tujuan pidato synthesizer, dan dapat diimplementasikan dalam perangkat lunak atau perangkat keras.

Sistem bahasa A text-to-speech (TTS) normal mengkonversi teks ke dalam pidato. Synthesized speech dapat dibuat dengan potongan-potongan concatenating pidato yang direkam dan disimpan dalam database. Kualitas Synthesized speech dinilai melalui kesamaan dengan suara manusia. Program text-to-speech memungkinkan orang-orang dengan gangguan visual atau cacat dalam membaca untuk mendengarkan karya-karya tulis.

Baca :